Anak Misterius di Desa KKN

Terjadi sekian tahun yang lalu, saat itu saya melaksanakan KKN di sebuah desa di Kab Malang. Program ini akan dilaksanakan secara berkelompok. Waktu melaksanakan di desa KKN, kami tinggal di rumah Pak Kades dan Pak Modin desa. Salah satu program kelompok kami adalah membantu memberikan pengajaran di SD di desa tersebut, karena kebetulan banyak mahasiswa FKIP.

Nah ceritanya berawal dari sini. Suatu hari, saya dimintai tolong teman untuk menjemputnya di suatu sekolah. Kebetulan jarak sekolah dan posko jauh. Saat tiba di sekolah, ternyata teman saya belum selesai mengajar, jadi saya putuskan untuk menunggu di parkir sekolah sembari baca-baca buku yang saya bawa. Pada saat asik membaca, saya dikagetkan dengan suara sapaan anak perempuan. Dia bertanya pada saya, “mas tahu Sinta dimana ya?” Wah Dek, saya orang baru, maaf saya gak tahu.

Kemudian saya sarankan untuk bertanya kepada guru atau penjaga sekolah. Tanpa menjawab dia pun kemudian berlalu. Saya pun lanjut membaca. Yang membuat saya heran, pada saat jeda membaca, saya sempatkan untuk melihat anak tersebut. Dan ternyata, kejadian aneh hadir di depan saya, anak tersebut sudah tidak ada seperti ditelan bumi, padahal masih dalam hitungan detik, saya tidak memperhatikan dia, lagi pula parkiran berbatasan langsung dengan halaman, jadi tempatnya terbuka.

Tidak mungkin dia menyelinap di balik gedung dengan waktu sekejap. Saya kondisikan mental saya untuk tetap tenang sampai teman saya datang. Tak berapa lama, teman saya datang dan kamipun pulang ke posko. Dalam perjalanan, saya ceritakan semua pada teman saya tadi. Karena dia penasaran, teman saya berniat untuk mencari info tentang anak yang bernama Sinta.

Beberapa hari kemudian, saya dipanggil oleh Ibu kepala sekolah tempat teman saya mengajar tadi. Dia menanyakan ciri-ciri tersebut, kemudian saya deskripsikan semampu saya. Ibu tersebut kemudian bercerita bahwa beberapa Minggu yang lalu memang ada salah satu anak murid yang meninggal ditabrak saat menyeberang jalan. Tapi namanya bukan Sinta. Saya mencoba untuk tidak mengaitkan hal tersebut dengan apa yang saya alami beberapa hari yang lalu.

Tapi tetap saja dalam hati saya msih bertanya mengapa dia mencari Sinta, Siapa Sinta? Padahal di sekolah itu kebetulan tidak ada yang bernama Sinta. Kejadian ini tidak berakhir di sini. Suatu hari setelah itu ada salah seorang teman saya, yang sedang berjaga di posko. Dia didatangi seorang anak kecil, dia minta untuk membantu mengerjakan PR. Teman saya dimintai tolong untuk menggambar seorang anak kecil dan diberi nama Sinta dibawahnya.

Tak memerlukan waktu lama, gambar itu selesai, kemudian diserahkannya gambar tersebut. Yang membuat aneh:

1. Mengapa harus Sinta.
2. Menurut teman saya ciri-ciri tersebut sama persis dengan anak yang kutemui di parkir sekolah, bajunyapun sama.

Terus terang, sampai saya menulis cerita ini saya masih penasaran dengan apa yang kami alami sekian tahun yang lalu ketika masih di desa KKN. Sebuah peristiwa yang menurut saya misteri yang tetap menjadi misteri sampai sekarang. Dua peristiwa yang mempunyai hubungan, tapi tidak ada hasil kesimpulannya.

loading...

Share This: