Boneka Okiku

Boneka Okiku memiliki nuansa mistis yang sangat kentara terasa. Aroma misteri boneka dari Jepang ini begitu menghebohkan, karena belum adanya penjelasan logis tentang tumbuhnya rambut yang terus memanjang layaknya rambut manusia. Masalahnya, rambut yang memanjang itu tumbuh dari sebuah benda mati, sebuah boneka, Boneka Okiku. Dari hasil uji forensik yang dilakukan ilmuwan Jepang, rambut yang ditumbuhkan boneka ini sama persis dengan rambut manusia pada anak usia 10 tahun.

Boneka yang telah ada di Kuil Mannenji kota Iwamizawa, Hokkaido sejak tahun 1938 ini memiliki sejarah yang juga sangat mistis dan misterius. Nama Boneka Okiku-Chan diambil dari seorang gadis kecil berumur 2 tahun yang bernama Okiku. Adalah Eikichi Suzuki, kakak dari Okiku yang pertama kali membelikan boneka dengan tinggi 40 cm itu sebagai hadiah kepada Okiku.

Okiku begitu menyayangi boneka itu, karena bentuknya yang lucu, memiliki mata yang besar dan hitam. Tapi tak berapa lama berselang, Okiku terserang demam dan kemudian meninggal. Sejak saat itu, Keluarga Okiku menempatkan boneka itu di altar rumah dan berdoa untuk setiap hari dalam rangka memperingati Okiku.

Akhirnya pada 1938, keluarga Suzuki pindah dan menitipkan boneka itu ke kuil Mannenji. Menurut pendeta kuil, saat boneka itu datang, rambutnya pendek. Dan dia mengiyakan bahwa rambut boneka tersebut terus memanjang meski di potong setiap tahunnya. Penelitian yang dilakukan pada boneka tersebut mengejutkan.

loading...

Karena hasil analisa menyatakan bahwa rambut yang dipotong dari boneka itu adalah rambut manusia. Diyakini, bahwa arwah Okiku tinggal di boneka tersebut, dan beberapa orang mengatakan pernah melihat boneka Okiku ini membuka mulutnya saat malam hari, seolah meminta makan.