Genderuwo Mengikuti Uwakku

Suatu malam sehabis maghrib uwakku pergi ke kedai untuk membeli snack dan jajanan untuk keluarga dan kerabat dirumah, kerabat dan keluarga dirumah ramai karena saat itu hari raya Idul Fitri. Rumahnya terdapat di gang (lorong) yang tak ada satupun penerangan jalan kecuali rumah-rumah orang sekitar, gang itu juga sangat luas tetapi buntu di ujungnya.

Di ujung yang buntu itu terdapat kebun kelapa sawit dan hutan, di sebelah kiri dan kanan terdapat kebun kelapa sawit dan hutan juga tapi selang beberapa rumah dari gang. Kembali ke cerita, saat itu uwakku jalan menuju keluar gang. Ia terheran-heran, dalam hatinya ia berkata “kenapa kok sepi gini ya, ini kan malam hari raya?”. Ia melanjutkan jalan tetapi ketika akan sampai di ujung gang, anjing pemilik kontrakan rumahnya (seorang bidan beragama kristen) melolong tak karuan padahal anjing itu jinak pada uwakku.

Uwakku tiba di ujung gang yang terdapat banyak kendaraan yang lewat. Uwakku menoleh ke kanan dan kiri untuk menyebrang. Saat menoleh ke kiri uwakku terkejut karena ada seorang pria bertubuh besar dan berkulit hitam berbulu lebat menggunakan topi dan ransel. Pria itu bertanya “pak rumah sakit, berada di mana ya?”. Uwakku menjawabnya “kamu jalan terus lalu belok kiri, nanti kalau ada simpang belok kanan”.

loading...

Pria “oh, makasih ya pak”, si pria itu jalan lurus tapi ada yang ganjil, si pemuda jalan makin jauh tapi makin lama kok makin besar lalu terbang melesat di udara. Uwakku tidak takut karena sudah biasa ia mengalami hal ganjil. Uwakku jalan ke kiri gang untuk menuju ke kedai lalu pulang tapi saat mau belok ke gang ada orang yang jaraknya jauh terlihat matanya berwarna merah, badanya besar dan berbulu hitam yamg sedang senyum bengis mengarah ke uwakku.

Uwakku “oh, rupanya si gundo (genderuwo). Setelah itu uwakku berjalan menuju rumah tetapi anjing itu melolong tak karuan, uwakku tak menghiraukan, ia tahu kalau genderuwo itu mengikutinya. Sesampai dirumah kami dibagikan jajanan yang dibelinya. Aku memakan jajananku di teras sendirian, aku sempat melihat ke atas pohon “astaghfirulloh, apa itu kok ada orang di atas pohon?” kataku.

Aku langsung lompat dan lari masuk ke dalam rumah dan menyuruh uwakku untuk melihat apa yang ada di atas pohon. Uwakku menaati apa yang aku katakan, ia ke teras dan melihat ke atas “oh, itu kan si genderuwo yang bertanya padaku tadi toh” kata uwakku.

Ia menyuruhku masuk ke dalam rumah, setelah itu ia menceritakan apa yang di alami uwakku saat ke kedai tadi. Semenjak hari itu, setiap pukul 02.00 – 03.30 dini hari anjing si bidan selalu tak karuan karena memberitahukan kalau ada makhluk halus di sekitarnya. Thanks sudah baca, besok aku posting cerita lagi ya, bye.

KCH

hafiz kun jr

Sekedar kembali mengingatkan. “Jangan pernah baca ini sendirian” :)

All post by:

hafiz kun jr has write 2,704 posts

Please vote Genderuwo Mengikuti Uwakku
Genderuwo Mengikuti Uwakku
Rate this post