Hantu Banshee

Banshee adalah sosok legenda yang menakutkan di tanah Irlandia. Makhluk jahat ini dikatakan merupakan malaikat pencabut nyawa dan legenda yang paling ditakuti. Konon jika kau sendirian dalam rumah dan mendengar tangisan Banshee, maka kau telah dikutuk untuk mati. Kabarnya Banshee akan melakukan tiga kali kunjungan. Pada tiap malamnya, tiap kedatangannya akan memberi ketakutan yang makin kuat akan kematian.

Malam pertama, orang yang telah dikutuk itu akan mendengar suara Banshee. Awalnya seperti rentetan ratapan di sekeliling ruangannya, dan ratapan itu tak bisa didengarkan oleh orang lain hanya yang terkutuklah yang bisa mendengarnya. Hal ini semacam peringatan agar kematian itu sendiri bisa dihindari, walau begitu tidak ada yang mengetahui kapan tragedi itu akan menimpa.

Pada malam kedua, ratapan dan tangisan akan terdengar oleh seluruh keluarga yang berada dalam rumah. Dan jika mendengar suara ini, mereka yakin bahwa kerabat mereka sudah pasti akan meninggal beberapa hari lagi.

Malam ketiga dan terakhir, ratapan Banshee semakin tajam. Tangisannya akan memecahkan seluruh kaca dan perabot dalam rumah serta menyebabkan ketakutan yang teramat sangat bagi siapapun yang mendengarnya. Sebelum petang hari di hari itu, Banshee akan mencabut nyawa seseorang dari keluarga yang dikutuk itu. Kemudian Banshee akan meninggalkan keluarga itu dalam kedamaian sekali lagi hingga kematian sudah saatnya menjenguk keluarga itu kembali.

loading...

Banshee, merupakan mitos dan cerita rakyat yang telah diceritakan secara turun temurun oleh orang-orang Irlandia. Sosok Banshee sering juga digambarkan sebagai seorang wanita cantik, dengan sosok keibuan atau bahkan menjadi seorang wanita tua renta. Sebagian lainnya lagi mengatakan Banshee hadir dalam wujud binatang. Diceritakan pula, ketika Banshee hendak mencabut nyawa seseorang maka dia akan mengendap-endap hadir di samping ranjang orang itu. Membasuh wajah orang itu, atau mencucikan pakaiannya kerap kali terjadi pada seorang prajurit.

Banshee kemudian akan hadir tepat di hari pemakamannya, menangis dan meratap. Namun, tak seorangpun dari keluarga yang berduka akan mengenalinya, sebelum dia menghilang dengan sendirinya. Legenda Banshee di pemakaman mungkin muncul karena upacara pemakaman Irlandia sering menampilkan nyanyian-nyanyian tradisional semacam lagu yang menyedihkan di pemakaman. Lagu-lagu itu biasanya ditujukan untuk peri-peri dan para roh.

Share This: