Hantu Leher Panjang (Rokurokubi)

Rokurokubi sangat erat hubungannya dengan yurei (arwah/roh halus) yang ditemukan dalam cerita hantu Jepang. Di Jepang sosok roh halus ini dikenal dengan istilah “leher panjang”. Mereka terlihat seperti manusia normal pada siang hari, tapi pada malam hari mereka mendapatkan kemampuan untuk meregangkan/memanjangkan leher mereka dengan maksimal. Mereka juga bisa mengubah wajah mereka menjadi sangat menyeramkan untuk menakut-nakuti orang lain.

loading...

Dalam bentuk manusia disiang hari, sosok ini sering hidup dan melakukan aktivitas tanpa terdeteksi dan bahkan bisa berkencan/berpasangan. Banyak Rokurokubi yang begitu terbiasa dengan kehidupan seperti itu sehingga mereka sangat bersungguh-sungguh untuk merahasiakan bentuk iblis mereka. Mereka adalah penipu, bagaimanapun, dan dorongan untuk menakut-nakuti dan memata-matai manusia sulit ditolak. Beberapa dari sosok ini berusaha mengungkapkan diri hanya kepada pemabuk, orang bodoh, orang yang sedang tidur, atau orang buta untuk memuaskan dorongan hasrat menakuti-nakuti manusia.

Beberapa, katanya, bahkan tidak sadar akan sifat sejati mereka dan menganggap dirinya sebagai manusia yang normal pada umumnya. Beberapa Rokurokubi ini memanjangkan leher mereka saat tertidur tanpa mereka sadari. Setelah terbangun dipagi hari, mereka merasa memiliki mimpi aneh tentang melihat sekeliling mereka dalam sudut yang tidak alami.

Menurut beberapa cerita, Rokurokubi pernah menjadi manusia normal namun ditransformasikan oleh karma karena melanggar berbagai ajaran Buddhisme. Seringkali, rokurokubi ini benar-benar jahat, memakan orang atau meminum darah mereka dan bukan hanya menakut-nakuti mereka. Tanuki (adalah sebutan untuk binatang anjing rakun dalam bahasa Jepang) sering meniru rokurokubi saat memainkan lelucon praktis pada manusia.

Ada juga cerita yang hampir menyerupai kisah Rokurokubi ini yaitu Nukekubi (kepala yang bisa dilepas). Nukekubi ini dapat melepaskan kepalanya sendiri pada malam hari, dan mencari mangsa seperti manusia yang akan disantapnya. Biasanya Nukekubi ini menyembunyikan tubuhnya ketika malam hari, dan tentu dapat dibunuh ketika tubuhnya diketahui letak keberadaannya. Dalam kenyataannya, jika kamu menemukan tubuh Nukekubi ini tanpa kepala, kamu dapat menyembunyikan tubuhnya agar kepalanya tidak dapat bersatu dengan tubuhnya lagi.

Arie R

Arie R

Suka berbagi cerita dan senang membaca website seperti KCH!

All post by:

Arie R has write 81 posts

Please vote Hantu Leher Panjang (Rokurokubi)
Hantu Leher Panjang (Rokurokubi)
Rate this post