Hantu Mbak Yayuk

Hantu seorang gadis kabarnya menghantui sebuah sekolah menengah atas negeri di Yogyakarta. Hantu tersebut konon merupakan siswi yang dulunya bersekolah di sana, dan kini telah menjadi cerita turun temurun di sekolah tersebut. Hantu tersebut biasa dipanggil Mbak Yayuk yang selama ini menghantui sekolah menengah umum yang dulunya saat penjajahan Belanda di Indonesia bernama Algemene Middelbare School.

Beredar cerita, suatu waktu di sekolah menengah yang terkenal di Yogyakarta ini, ada seorang siswi yang bernama Yayuk. Dia adalah salah satu siswi paling teladan saat itu. Sangat pintar dan berbakat dalam memainkan piano. Salah satu lagu kesukaannya adalah La Paloma Dan Fur Elise, lantunan melodi yang paling sering dimainkannya ketika jarinya memainkan not piano.

Suatu waktu, ada pertunjukan seni yang diadakan di sekolahnya. Yayuk sudah berlatih dengan sangat keras untuk ikut serta dalam acara tersebut. Ketika ada kesempatan itu dia tidak mau melepaskan kesempatan tersebut. Setelah bersiap-siap, dia lalu pergi menuju ke sekolahnya. Namun tragis, Yayuk meninggal dalam kecelakaan yang terjadi di perjalanan menuju ke sekolahnya.

Penampilan Fur Elise yang disiapkannya untuk pentas tersebut, tidak pernah dimainkan. Semenjak kematian yayuk, konon hantu yayuk sering menghantui sekolah tersebut. Karena penasaran akan keinginannya bermain musik, hantu Yayuk kerap terlihat di salah satu ruangan yang ada di lantai tiga sekolahnya. Setelah menampakkan dirinya, alunan Fur Elise akan mengantar memorinya kembali.

Ada beberapa cerita yang berbeda dari kisah yang melegenda tentang hantu ini. Sebagian orang percaya Yayuk tidak meninggal akibat kecelakaan, tapi karena melompat dari lantai tiga sekolah mungkin karena kerap muncul di sana. Namun hingga saat ini, tidak ada yang tahu alasan yang sebenarnya. Hantu Yayuk kemudian menjadi cerita yang sering dibicarakan terutama di kalangan siswa-siswi sekolah ini yang mengenalnya dengan panggilan Mbak Yayuk.

loading...

“Mbak” yang berarti kakak, dalam bahasa Jawa memang pantas disematkan oleh siswa-siswi sekolah tersebut kepada seniornya. Ada sebuah mitos yang mengatakan, ketika kamu tiba-tiba mendengar alunan Fur Elise di sekolah tersebut, itu berarti hantu Mbak Yayuk sedang muncul di dekatmu. Jika kamu coba mencari asal alunan melodi tersebut, kamu tidak akan pernah mendapatkannya.

Walau begitu, sumber suara itu mungkin juga berasal dari sebuah piano tua di ruang OSIS yang konon kerap berdentang dengan sendirinya, memainkan melodi Fur Elise. Mitos lainnya mengatakan, bagi kamu yang berani dan ingin bertemu dengan hantu Mbak Yayuk, kamu bisa menyanyikan lagu La Paloma kesukaannya atau mencoba memainkan Fur Elise. Konon, jika lagu-lagu itu dimainkan di sekolah, hantu Mbak Yayuk akan menampakkan dirinya.

Share This: