Hantu Samsiah

Hantu Samsiah konon sering meneror sebuah sekolah menengah negeri yang paling tua di kota Balikpapan. kisah ini masih sering terdengar sampai sekarang di sekolah tersebut. Sebagai sekolah negeri tertua yang berdiri pada tahun 1960an, sekolah tersebut pasti memiliki banyak cerita di dalamnya. Salah satu cerita itu mengisahkan legenda urban hantu Samsiah atau biasa juga dikenal dengan Siah.

Hantu Samsiah sesuai yang digambarkan orang-orang yang pernah melihat sosoknya, sungguh mengerikan. Hadir dengan seragam sekolahnya yang lusuh, dia meneror orang-orang dengan lidah yang menjulur kebiruan, mata terbelalak tajam, dan leher yang terkulai lemas. Menurut cerita yang beredar, arwah Siah kerap menampakkan diri di toilet sekolah. Tidak hanya itu, sosoknya juga sering tampak di berbagai tempat di sekolah, seperti di ruang laboratorium, di kelas atau bangku kosong, dan saat hari menjelang malam tiba, Samsiah suka berada di bawah pohon Ketapang yang ada di sekolah tersebut.

Menurut cerita, hantu Samsiah sering mengganggu para siswa atau siswi yang pernah bersekolah di sekolah tersebut. Beberapa dari mereka ada yang sampai pingsan saat ditemukan di toilet, setelah mengaku dicegat sosok menakutkan itu. Sebagian lagi, melaporkan didorong oleh tangan tak kasat mata di ruang laboratorium, sebelum akhirnya mendengar tawa cekikikan yang berasal entah dari mana.

loading...

Walaupun kelas sedang aktif di siang hari, teror hantu Samsiah juga tidak berhenti. Dia kerap hadir di depan pintu kelas atau di tengah-tengah jam pelajaran, saat ada bangku kosong di kelas itu. Konon, dia biasa hadir tanpa disadari mengisi bangku kosong yang ada dan menghilang setelah ada yang melihatnya.

Di malam hari pun, para penjaga sekolah juga mengalami gangguan dari hantu Samsiah. Mereka bilang hantu gadis itu suka menampakkan dirinya di berbagai ruangan, seperti kelas-kelas kosong dan di sudut laboratorium. Suara-suara perempuan seperti sedang marah kadang terdengar dari ruangan itu, namun ketika didekati suara itu tak menunjukkan wujudnya. Begitu juga dengan mushola yang berada di sana. Konon, tangisan pilu seorang anak perempuan biasa terdengar keluar dari sana, tersedu-sedu dan meratap.

Bagi siswa-siswi atau anggota pramuka yang pernah beraktivitas di sekolah hingga malam hari, beberapa dari mereka mengaku melihat sekelebat bayangan yang diyakini hantu Samsiah muncul di lapangan dan koridor sekolah. Bergentayangan dilorong gelap, menghantui mereka yang masih berada di sekolah dengan wujudnya yang menakutkan.

Legenda ini bermula pada tahun 1970 an. Saat itu, seorang siswi yang bernama Samsiah  di sekolah menengah negeri Balikpapan. Karena wajahnya yang tidak menarik, badan yang kurus, serta sangat pendiam, maka gadis malang ini kerap menjadi sasaran anak-anak lainnya untuk diganggu. Karena suka dicerca dan ditindas, Samsiah pun sering menjauhkan diri dari orang lain. Menutup diri, sehingga anak-anak lain makin menganggapnya aneh. Dia jadi sering diejek, bahkan dimusuhi.

Ketika Samsiah ke toilet, maka ada saja gangguan yang diterimanya. Kebanyakan dirinya dicegat anak nakal sekolah itu jika hendak ke toilet. Saking takutnya dengan kenakalan yang mungkin akan dialaminya, Samsiah bahkan pernah buang air di dalam kelas karena sudah tidak tahan dan malas untuk ke toilet. Suatu waktu, hari buruk itu tiba. Samsiah dikabarkan bunuh diri. Dia mengakhiri hidupnya yang penuh penderitaan dengan menggantungkan lehernya di langit-langit rumahnya.

Sekolah pun dibuat gempar dengan berita kematiannya. Padahal, saat sebelum kabar itu datang, seorang siswa sempat melihat Samsiah ada di toilet sekolahnya. Para siswa yang biasa mengganggunya menjadi tegang. Mereka takut dihantui oleh arwah penasaran Samsiah. Sejak kematiannya, hantu Samsiah sering diceritakan menampakkan dirinya di tempat-tempat di mana dirinya sering ditindas. Sejak itu, toilet atau sudut kelas laboratorium merupakan tempat yang paling berhantu di sekolah tersebut.

Tempat di mana Samsiah menuntut balas akan penderitaan yang selama ini di terima dari anak-anak sekolah yang membencinya. Ada beberapa mitos yang mengiringi legenda hantu Samsiah di sekolah tersebut. Salah satunya, mitos untuk memanggil kehadiran hantu Samsiah. Bagi kamu yang berani, dan mungkin ingin mencobanya bisa datang pada malam hari ke salah satu toilet atau sudut laboratorium sekolah itu. Ketika berada di sana, sebut nama Samsiah. Menurut mitosnya, jika kamu melakukan hal itu, maka hantu Samsiah akan hadir memenuhi harapanmu untuk melihatnya.

Cerita hantu Samsiah sudah jarang diceritakan di sekolah hari ini. Mungkin menurut orang-orang yang mengetahuinya, tidak ada gunanya juga kisah ini diturunkan. Walau begitu, ada sebuah mitos lain yang mungkin akan menjadi alasan kamu untuk mengunci mulut rapat-rapat jika mengetahui kisah ini. Konon, Samsiah tidak suka dan tidak ingin kisahnya diceritakan. Apabila ada yang menceritakan atau mendengar ceritanya, maka hantunya akan datang menghantui orang-orang itu meneror mereka dengan penampakannya yang mengerikan.

Share This: