Kereta Api Berhantu

Kereta api berhantu sudah banyak terjadi di berbagai kota bahkan Jepang dan Korea juga memiliki Urban Legend yang sejenis. Kereta Api Manggarai merupakan salah satu legenda perkotaan tentang kereta berhantu yang menyeramkan dari Indonesia. Kereta yang berada di jalur Jakarta-Bogor ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi mereka yang biasa naik kereta rel listrik (KRL).

Bahkan kisah-kisah misteri juga telah banyak diceritakan mengenai rel kereta tersebut. Suatu malam, tiba-tiba sirene pintu lintasan berbunyi seperti ada kereta yang akan melintas padahal itu sudah diluar jam operasi KRL. Menurut penjaga pintu di Bukit Duri jam menunjukkan pukul 4 dinihari ketika dia mendengar bunyi tersebut sekaligus mengejutkannya, karena seharusnya tak ada kereta yang melintas pada jam-jam itu.

Belum sempat berpikir panjang, mendadak melintas sebuah rangkaian kereta api dari arah Bogor dengan kecepatan 60-80 km/jam. Kereta itu menarik 4 buah gerbong tanpa penumpang dan juga tanpa seorang masinis yang mengendarainya, penerangannya pun tak dinyalakan, semua dalam keadaan gelap. Terkait kejadian aneh tersebut, para petugas KRL disana juga tak dapat menjelaskan bagaimana kereta itu bisa meluncur di luar jam operasinya. Yang mereka tahu kereta tersebut melintas di jalur tiga kereta dan berhenti di tanjakan arah stasiun Cikini.

Menurut mereka, secara teknis kereta tersebut baru beroperasi pukul 5 subuh namun tetap saja mereka tak dapat menemukan petunjuk mengapa hal itu terjadi. Yang lebih mengejutkan, aliran listrik untuk menjalankan kereta tersebut belum berjalan, sehingga hal itu sangat tak masuk akal. Rumor hantu pun dikait-kaitkan dengan peristiwa ini, ada yang mengatakan tempat itu memang sudah angker dan makhluk halus yang berada disitulah yang menjalankan kereta api tersebut.

Belum lagi menurut pengakuan sejumlah penjaga perlintasan kereta, ketika melihat kereta tersebut melintas bulu kuduk mereka terasa berdiri, entah karena terpaan angin dari kereta atau pertanda adanya makhluk halus. Legenda yang paling sering diceritakan seputar Kereta Hantu Manggarai adalah penumpang yang menaiki sebuah kereta di luar jam operasi.

loading...

Suatu waktu, ada seorang mahasiswa dari arah Jakarta tiba di stasiun yang berada di Depok pada hampir pukul 12 tengah malam. Saat itu, pemuda tersebut terlihat kebingungan mencari angkutan lain untuk meneruskan perjalanannya dari stasiun pulang ke rumahnya. Melihat itu, dia pun dihampiri oleh seorang petugas kereta api yang sedang berjaga malam. Petugas itu terkejut setelah menanyakan asalnya dan bagaimana dapat tiba di stasiun ini padahal jam operasi sudah lewat.

Mahasiswa tersebut menceritakan bahwa dia naik sebuah kereta dari Stasiun Pancasila. Saat naik, dia tidak merasakan hal yang aneh walaupun saat itu keadaan kereta sangat sepi. Dia sempat terheran-heran melihat beberapa penumpang yang naik kereta tersebut mengenakan pakaian serba putih dan mereka duduk diam dan terjejer rapi, tapi dia tidak berpikir terlalu jauh tentang itu. Yang dia tahu hanyalah ingin segera pulang ke rumahnya.

Pemuda itu lalu melanjutkan ceritanya, saat itu dia duduk disamping seorang lelaki paruh baya yang tengah membaca koran ketika lelaki itu sudah selesai membacanya, mahasiswa tersebut karena kebosanan akhirnya dia meminjam koran milik lelaki tersebut untuk dibacanya. Ketika kereta api telah tiba di Stasiun Depok Baru, tanpa sadar dia langsung turun dari kereta tersebut tanpa mengembalikan koran yang masih digenggamnya.

Setelah menceritakannya kepada petugas yang menanyainya, dia segera melihat koran itu dan tiba-tiba badannya lemas. Koran itu adalah terbitan tahun 1953. Cerita ini tak hanya dialami oleh mahasiswa tadi, cerita serupa juga banyak menimpa beberapa orang dan membuat mereka berjaga-jaga ketika ingin menaiki KRL tersebut terutama pada malam hari dan tanpa ada yang menemani.

Share This: