Kisah Adik Kakak

Kisah berikut ini merupakan legenda asal Korea. Sepasang suami istri memiliki dua anak gadis cantik, adik kakak bernama Janghwa dan Hongryeon. Lima tahun setelah melahirkan Hongryeon, si ibu mati dan si ayah mengambil istri baru yang jelek dan kejam. Ibu tiri melahirkan tiga anak laki-laki, dan setelah itu, dia mulai menindas kedua putri tirinya.

loading...

Suatu hari si ayah menyuruh ibu tiri membuat pesta pernikahan untuk Janghwa. Ibu tiri yang tak rela mengeluarkan uang untuk Janghwa, menyuruh anaknya meletakan tikus besar yang sudah dikuliti dan berdarah di kasur Janghwa, dan menuduh anak tirinya keguguran karena banyaknya darah dan sesosok makhluk ditemukan di kasurnya keesokan harinya.

Si ayah percaya, dan Janghwa yang ketakutan lari menuju ke sebuah danau. Ibu tiri menyuruh anak sulungnya mengejar Janghwa dan mendorongnya ke danau. Misi pun akhirnya berhasil, namun tiba-tiba datang seekor macan yang menggigit tangan dan kaki si sulung sampai putus. Si sulung cacat selamanya. Karena kemarahan, ibu tiri menyiksa Hongryeon hingga dia memutuskan untuk menyusul kakaknya.

Sejak saat itu, di desa tersebut setiap ada pergantian kepala desa, si kepala desa selalu ditemukan mati keesokan harinya. Legenda ini berakhir ketika ada seorang kepala desa baru yang pemberani. Di malam kedatangannya ke desa, dia didatangi sepasang hantu adik kakak, Janghwa dan Hongryeon yang menuntut si kepala desa membersihkan nama mereka.

Kepala desa yang pemberani dan bijaksana ini pun kemudian mengadili si ibu tiri dan ketiga putranya. Legenda mengatakan bahwa adik kakak ini, Janghwa dan Hongryeon bereinkarnasi ketika si ayah menikahi istri ketiganya, dan si istri melahirkan anak kembar.

Arie R

Arie R

Suka berbagi cerita dan senang membaca website seperti KCH!

All post by:

Arie R has write 79 posts