Kuyang

Hi sobat KCH, salam sejahtera bagi kita semua. Ketemu lagi sama aku Linda Fe, dan aku kini mau ceritain kisah makhluk asal kalimantan selatan yaitu kuyang. Mungkin bagi kalian yang sudah lama tinggal di kalimantan (terutama Kal-Sel) pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar sosok makhluk menyeramkan yang bernama hantu kuyang.

Kuyang adalah makhluk yang berwujud kepala manusia (wanita) berparas cantik, tetapi dia tidak memiliki tubuh, melainkan hanya kepala dan organ dalam tubuh seperti usus, jantung, hati, dan sebagainya. Menurut sebagian warga kalimantan, asal usul sosok kuyang ini adalah seorang wanita yang memiliki ilmu hitam yang digunakan untuk menyedot darah bayi yang baru lahir yang dijadikan sebagai modal kecantikannya dan awet muda, sehingga bayi tersebut meninggal.

Ada juga yang bilang bahwa sosok kuyang tidak jauh beda dengan hantu kepala namun kuyang tidak hanya berbentuk kepala melainkan kepala yang dapat terbang dengan isi perut yang terburai. Sebagian besar yang mendalami ilmu hitam ini adalah wanita. Konon seseorang yang menimba ilmu kuyang, pada siang hari akan tampak layaknya manusia biasa akan tetapi selalu memakai penutup leher untuk menutupi semacam bekas operasi karena katanya pada malam hari, kepalanya akan terlepas dari tubuhnya.

loading...

Kuyang sangat gemar memakan janin dari ibu yang sedang hamil atau pun baru melahirkan, ini disebabkan karena menurut kepercayaan dengan memakan janin tersebut, kekuatan kuyang akan semakin kuat. Dalam mencari mangsanya yaitu ibu hamil, kuyang akan berubah menjadi wanita biasa dan menemui calon mangsanya. Kemudian kuyang akan mengelus-ngelus perut dari ibu hamil tersebut dan besoknya janin yang dikandung akan hilang secara mendadak karena pada malam harinya telah dimakan oleh kuyang.

Selain itu, kuyang bisa berubah menjadi burung atau kucing. Kuyang kerap kali berkeliaran di suatu desa saat keadaan desa tersebut sedang banyak yang hamil. Kuyang biasanya datang pada malam hari dan melayang di atas rumah untuk menunggu orang yang sedang melahirkan, pada saat kuyang melayang-layang di udara, wujud aslinya tidak nampak, tetapi ia berbentuk seperti bola api, dan saat ia mendarat barulah wujud yang sesungguhnya nampak.

Kuyang biasanya bersembunyi di balik pohon pisang. Tetapi walaupun begitu, tidak sedikit warga yang melihat kuyang tersebut. Sebenernya ada banyak warga di desaku yang pernah melihat wujud kuyang, bahkan aku sendiri juga pernah melihatnya, tapi aku sambung di Kuyang Part 2 aja yah.

loading...