Legenda Disa Merah

Legenda ini berasal dari Afrika Selatan. Di kisahkan ada seorang wanita muda yang bernama Eliza Meiring. Dia adalah putri dari seorang petani yang rumahnya itu tidak jauh dari kaki bukit di Matroosberg yang terdapat kebun-kebun anggur. Dia memiliki banyak calon pelamar yang ingin menikah dengannya karena dia sangat cantik. Sayangnya dia juga sedikit manja dan egois. Dia jatuh cinta dengan seorang pemuda bernama Frans.

loading...

Karena harga dirinya, dia menuntut bahwa Frans harus pergi dan memetik disa merah untuknya di daerah kloofs di Matroosberg. Disa hanya tumbuh di tempat-tempat yang sangat tidak dapat dijangkau. Untuk memungut disa itu hampir merupakan tugas yang mustahil. Frans mencintai Eliza dengan segenap hatinya dan dia berjanji untuk membawakanya disa merah.

Dia akhirnya pergi ke Groothoek Kloof, dan akhirnya dia berhasil menemukan disa merah. Ketika dia mencoba untuk mencapai disa merah di tebing basah dan berlumut, dia terpeleset lalu jatuh dan akhirnya dia menemui kematiannya. Dia menuliskan nama sang kekasih pada sebongkah kayu “Eliza 1868”. Ketika Eliza mendengar kabar bahwa kekasihnya telah jatuh dan meninggal dengan disa di tangan.

Eliza menjadi sangat sedih, dirinya diliput dengan penyesalan yang mendalam, bahwa dia menyebabkan kematian kekasihnya. Hal ini membuat dia menjadi sakit mental dan orang tuanya mengunci eliza didalam kamarnya sendiri. Tapi Eliza lolos pada malam cahaya bulan. Dia mengikuti jejak Frans yang telah mengambilkan disa merah.

Dengan hanya mengenakan gaun tidur panjang putihnya. Dia duduk di tonjolan batu dan sebuah tangisan pilu keluar dari dalam lubuk hatinya, namun tonjolan batu tempat dia duduk jatuh dan dia juga menemui ajalnya. Kabarnya, setiap kali bulan purnama, disebuah tebing di Matroosberg jika ada orang yang melintas disana, maka akan melihat dan juga mendengar suara tangisan dari Eliza yang mengenakan gaun putih panjang itu.

Arie R

Arie R

Suka berbagi cerita dan senang membaca website seperti KCH!

All post by:

Arie R has write 79 posts