Legenda Mermaid (Putri Duyung)

Ada banyak kisah tentang legenda mermaid dan merman namun lebih mendominasi ke mermaid, yaitu tentang ikan duyung perempuan “putri duyung” (mermaid) dan ikan duyung laki-laki (merman) dan bahkan beberapa orang mengklaim sejarahnya itu “nyata”. Ratusan tahun yang lalu, para pelaut dan penduduk di kota-kota pesisir di seluruh dunia mengatakan pernah bertemu dengan mermaid.

Salah satu kisah legenda mermaid ini terjadi di tahun 1600 an, bahwa ada seorang nelayan yang mengklaim telah membawa sesosok mermaid ke negaranya yaitu Belanda melalui sebuah tanggul, kondisi mermaid itu sedang terluka parah. Lalu Mermaid itu dibawa ke sebuah danau di dekat rumahnya dan segera dirawat hingga kesehatannya membaik. Mermaid tersebut akhirnya menjadi salah satu dari keluarga nelayan dan mulai melakukan aktivitas secara produktif, belajar bahasa Belanda, dan juga melakukan pekerjaan rumah tangga.

Pertemuan dengan mermaid lain, dijelaskan oleh Edward Snow “Incredible Mysteries and Legends of the Sea” dalam bukunya Dodd Mead. Dia seorang kapten laut di lepas pantai Newfoundland, dijelaskan pada tahun 1614 “Kapten John Smith melihat mermaid yang tampak seperti memakai kalung berenang disekitar kapalnya”. Dia menggambarkan ciri-ciri mermaid itu memiliki mata besar, bentuk hidung yang halus, agak pendek, dengan telinga yang agak panjang.

Smith melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia melihat “mermaid memiliki rambut hijau yang panjang dengan bentuk yang sangat menarik”. Bahkan, Smith mulai jatuh cinta dengan wanita cantik ini (mermaid)”. Setelah menatapnya dengan sangat lama, tiba-tiba Smith menyadari bahwa wanita cantik ini memiliki sirip ikan dari pinggang hingga ke bawah.

Cerita lain, tahun 1830 di Skotlandia, menyatakan bahwa seseorang telah membunuh mermaid dengan melempari batu ke arahnya. Makhluk itu tampak seperti anak kecil sekitar 3 atau 4 tahun, tetapi memiliki ekor seperti salmon bukannya kaki seperti manusia. Para penduduk desa dikatakan telah memakamkan mermaid ini di peti mati, meskipun tampaknya tidak ada bukti sejarah terkait dengan kisah pembunuhan mermaid ini.

loading...

Legenda mermaid “putri duyung” ini mungkin sudah sangat kuno sekali, akan tetapi banyak yang telah mengklaim pernah melihat makhluk legenda ini. Hingga saat ini legenda mermain tersebut masih hadir di dalam berbagai bentuk gambar, mermaid juga dapat ditemukan di dalam film, dan bahkan buku.

loading...