Mak Sumay

Mak Sumay adalah cerita rakyat atau urban legend dari daerah Sumatera, Indonesia. Mak Sumay digambarkan sebagai seorang wanita tua renta yang suka menculik anak kecil yang masih berada diluar rumah ketika malam tiba. Di pulau Sumatera, legenda Mak Sumay sudah menakut-nakuti anak kecil sejak lama.

Konon, ketika Mak Sumay ingin menculik seorang anak, maka dia akan berubah wujud menjadi salah satu dari anggota keluarganya orangtua, saudara. Selama menyamar menjadi salah satu anggota keluarganya, Mak Sumay akan mengajak anak kecil yang masih di luar rumah untuk pulang ke rumah keluarganya. Anak kecil yang menjadi korban nya akan ikut dengan sendirinya karena menganggap Mak Sumay adalah keluarga yang dikenalnya.

Setibanya di rumah, anak kecil ini akan diberi makanan. Makanan yang diberikan biasanya adalah makanan yang disukai anak itu. Dan segera setelah anak itu memakan hidangan yang diberikan Mak Sumay, maka dia akan disayangi oleh wanita tua jahat itu. Namun sesungguhnya, anak kecil itu tidak dibawa pulang ke rumahnya melainkan ke hutan atau pegunungan di mana tempat Mak Sumay tinggal.

Makanan yang diberikan juga bukan kesukaan anak kecil seperti yang dilihatnya tapi hanyalah cacing, kecoa, dan serangga-serangga lainnya. Mak Sumay hanya mengecoh anak itu agar dia mau ikut bersamanya. Dan jika anak itu selesai melahapnya, maka dia akan tinggal selamanya bersama Mak Sumay menjadi cucu untuk diasuhnya, dan tidak akan pulang lagi ke keluarga yang sebenarnya.

loading...

Share This: