Makhluk Gaib Geunteut

Geunteut adalah sebuah sebutan dari masyarakat yang ada di Aceh untuk sosok makhluk gaib yang hidup di tengah-tengah masyarakat di zaman dahulu. Katanya sosok makhluk gaib Geunteut ini suka menculik anak-anak yang keluar rumah pada saat langit sudah gelap (malam hari). Menurut legendanya, Geunteut adalah makhluk mengerikan dengan wujudnya yang hitam dan tinggi mencapai beberapa meter.

Perawakannya yang sangat kurus dengan kaki-kaki yang jenjang juga diceritakan membuatnya mampu berjalan dengan cepat. Geunteut suka mengendap-endap di balik semak belukar dan rumpun tanaman bambu. Konon, anak-anak yang diculik oleh Geunteut akan merasa berjalan di jalur yang sangat nyaman untuk dilewati seperti melayang.

loading...

Namun, ketika sadar mereka akan menemukan dirinya berada di suatu tempat yang tidak dikenalnya. Tak lama kemudian, anak itu akan merasakan rambutnya diraba-raba oleh jari-jari kurus yang mengerikan. Jari-jari itu kemudian akan menggenggam sejumput rambut anak itu untuk mengangkatnya dari tanah dan membawanya ke suatu tempat biasanya di tengah-tengah hutan bambu atau di atas pohon.

Menurut legendanya, anak-anak yang menjadi korban penculikan akan dimakan hidup-hidup oleh makhluk gaib tersebut. Ada sebuah mitos mengenai Geunteut yang biasa diceritakan oleh orang-orang tua jaman dulu pada anaknya. Mitos itu berbunyi “Kalau berjalan malam-malam, sering-seringlah menyentuh rambutmu. Geunteut biasa menculik anak-anak dengan menarik rambutnya”.

Share This: