Mencari Barang yang Hilang

Hai pembaca KCH. Ini terjadi sekitar akhir tahun 90’an, yang mengalami adalah paman saya sendiri. Ceritanya bermula dari paman yang kedatangan seorang tamu tak dikenal dirumahnya. Pria itu datang setelah dia selesai shalat isya. Rumahnya ada di pinggir jalan disamping daerah persawahan (sekarang sudah jadi pertokoan). Pada zaman itu belum ada penerangan pinggir jalan dan listrik biasanya nyala mulai jam 10 malam, jadi kebayangkan gelapnya. Kembali lagi ke tamunya, orang asing ini datang ke rumah paman dengan sopan, mengetuk pintu dahulu dan mengucapkan salam selayaknya orang bertamu.

Paman langsung membukakan pintu rumahnya dan mempersilahkannya masuk. Di bawah temaramnya lampu minyak tanah, mereka mengobrol diruang tamu. Setelah memperkenalkan diri, orang ini kemudian menyatakan maksud kedatangannya bahwa dia mau minta pertolongan paman untuk mencari barangnya yang hilang.

Paman kemudian bertanya barang apa yang hilang tersebut dan hilangnya dimana. Orang ini kemudian mengatakan bahwa barangnya hilang beberapa hari yang lalu ditikungan jalan dipinggir sawah yang berada disamping rumah paman, dia sudah berusaha mencarinya tetapi belum ditemukan. Dia mengatakan kalau yang hilang adalah sebuah cincin emas.

Paman mengiyakan permintaan orang tersebut walaupun agak heran kenapa mencarinya malam-malam. Dengan berbekal sebuah senter paman dan orang tersebut kemudian pergi ke tempat yang ditunjukan. Sesampainya ditikungan pinggir sawah orang itu tiba-tiba menunjuk kearah sawah dan paman mengarahkan senternya ketempat itu. Di bawah cahaya senter ada benda berkilau redup memantulkan cahaya.

Paman kemudian bergegas mengambil benda tersebut yang ternyata sebuah cincin. Tetapi yang membuat paman terkejut ternyata cincin tersebut masih menempel pada jari tangan yang agak membusuk. Dan ketika dia melihat ke belakang ternyata orang yang bersamanya sudah hilang. Barulah dia tersadar ternyata orang yang bersamanya adalah korban kecelakaan beberapa hari yang lalu ditempat itu dimana saat itu korbannya meninggal dunia tetapi jari manisnya putus dan belum ditemukan.

Rupanya arwah orang tersebut datang untuk mencari jarinya yang putus. Dan menurut beberapa kesaksian orang yang lewat ditempat itu, beberapa malam terakhir sering terlihat ada yang mencari-cari sesuatu dipinggir jalan, tetapi ketika didekati orang tersebut menghilang. Akhirnya paman membawa “barang” temuannya itu kerumah kepala desa untuk dikembalikan ke pemiliknya dan setelah itu tidak pernah terlihat kembali ada orang mencari-cari sesuatu ditikungan pinggir sawah itu. Sekian.

loading...
KCH

yandi

Sekedar kembali mengingatkan. “Jangan pernah baca ini sendirian” :)

All post by:

yandi has write 2,702 posts

Please vote Mencari Barang yang Hilang
Mencari Barang yang Hilang
1 (20%) 1 vote