Misteri Boneka Kayu

Hai pembaca cerita-hantu aka KCH, ini adalah cerita singkat tentang boneka kayu eksotis pamanku. Boneka ini adalah boneka kayu dengan bentuk seorang wanita setengah baya yang tengah duduk bersimpuh. Boneka kayu itu menggunakan pakaian adat Jawa dan memiliki sanggul dikepalanya. Yang menurutku aneh patung ini di cat menggunakan warna biru tua dengan rambut dan alas tempat dudukannya yang di cat hitam.

Sebenarnya boneka kayu yang eksotik ini awalnya bukan punya pamanku tetapi merupakan punya seorang teman kerjanya yang entah mendapatkan boneka ini dari mana. Menurut paman temannya itu memberikan boneka kayu ini karena boneka sering sekali jatuh dan menimpa atau lebih tepatnya memecahkan perabot atau apapun juga yang terbuat dari kaca. Percaya atau tidak, kata teman pamanku boneka ini akan menimpa benda atau bahan yang terbuat dari kaca sampai pecah dan kejadiannya tidak cuma satu kali tetapi sering terjadi.

Pamanku yang mendengar cerita temannnya itu awalnya tidak percaya dengan cerita itu, dia menganggap hal itu adalah suatu kebetulan belaka dan tidak ada sangkut pautnya dengan hal-hal aneh atau berbau mistis. Menjawab ketidak percayaan pamanku akan ceritanya, temannya kemudian memberikan boneka itu pada paman untuk ditaruh dirumahnya. Pamanku yang diberikan boneka kayu eksotis ini tentunya senang sekali dan segera membawanya pulang untuk dia pajang dirumahnya.

Pamanku meletakkan boneka ini di meja kaca ruang tamu. Beberapa hari berjalan tidak ada kejadian aneh yang terjadi sehingga paman kemudian bercerita pada temannya yang memberikan boneka kayu itu bahwa tidak ada hal aneh dengan boneka kayu itu. Mendengar cerita paman temannya cuma berkata bahwa hal aneh itu mungkin belum terjadi, tetapi kata temannya lagi bisa jadi tidak terjadi karena mungkin boneka kayu itu merasa cocok dengan kondisi rumah pamanku.

Pamanku setuju dengan pendapat temannya itu dibagian bahwa boneka itu mungkin merasa cocok dengan pemilik barunya. Sepulang kerja seperti biasa pamanku masuk rumah dari ruang tamu ternyata boneka kayu itu sudah berada dibawah meja dengan kondisi kaca meja ruang tamu itu pecah berantakan. Pamanku segera bertanya pada istrinya dan kepada anaknya, apa yang menyebabkan kaca meja itu pecah, tetapi anak dan istrinya menjawab tidak tahu apa penyebabnya karena merekapun mengetahui meja itu pecah setelah diberi tahu oleh pamanku.

Sempat teringat cerita temannya, tetapi saat itu pamanku tidak berpikir macam-macam, dia kemudian memindahkan boneka kayu itu kelemari kaca diruang tengah. Beberapa hari kemudian kembali hal aneh terjadi pintu lemari kaca itu pecah dan posisi boneka kayu itu sudah jatuh dibawah dan sama dengan kejadian sebelumnya tidak satupun anggota keluarga yang mengetahui kejadian tersebut.

Saat itu pamanku masih belum sepenuhnya percaya atas apa yang diceritakan temannya tentang boneka kayu itu. Paman kemudian meletakkan boneka kayu itu diatas televisi yang baru dibelinya beberapa hari yang lalu, yang akhirnya membuat pamanku percaya bahwa boneka itu memang “senang” memecahkan kaca dimana saat layar televisinya pecah dan ditemukan boneka kayu itu sudah jatuh dibawah bersama pecahan kaca layar televisi tersebut.

loading...

Walaupun masing bingung bagaimana caranya memecahkan layar televisi tersebut, pamanku kemudian membungkus boneka itu menggunakan karung dan meletakkannya didalam gudang. Beberapa hari setelah kejadian itu pamanku kemudian memberikan boneka itu kepadaku dengan terlebih dahulu menceritakan kejadian aneh tersebut. Karena diliputi rasa penasaran aku kemudian menerima boneka kayu itu dan sesampainya dirumah kemudian meletakkannya diatas televisi.

Beruntungnya aku boneka itu tidak sempat memecahkan kaca televisiku karena saat kejadian boneka kayu itu akan jatuh seperti mengayun untuk menghantam layar televisi, aku yang saat itu baru keluar kamar kemudian dengan segera berlari menangkapnya tepat sebelum boneka kayu itu mengenai layar kaca televisi. Pada hari itu juga aku kemudian membawa boneka kayu itu kerumah salah seorang bibiku dan memberikan boneka itu untuk dia simpan tentunya dengan terlebih dahulu bercerita tentang kejadian yang berhubungan dengan boneka kayu itu.

Bibiku menerima pemberianku itu dan dia kemudian menyimpan boneka itu di lemari kayu yang ada didapurnya besama dengan perabotan dapur yang dia miliki. Akhirnya mungkin karena menemukan tempat yang cocok boneka kayu itu sampai sekarang tidak pernah memecahkan apapapun atau mungkin dia memang ingin diletakkan didalam lemari kayu seperti bahan pembuatannya. Entahlah itu semua masih menjadi misteri. Sekian.

Yandi Lalu

Yandi Lalu

Facebook - Yandi Lalu »Instagram - @yandilalu

All post by:

Yandi Lalu has write 87 posts