Misteri Gunung Slamet

Misteri sekaligus mitos Gunung Slamet adalah gunung tertinggi dan terbesar di Jawa Tengah, dengan ketinggian 3428 mdpl Sebagai gunung yang berada di Jawa dan sangat dekat dengan kebudayaan warga, tentu saja gunung Slamet tak lepas dari mitos-mitos yang ada. Salah satunya adalah mitos mengenai masa depan pulau Jawa jika gunung setinggi 3.428 meter itu meletus dengan hebat.

Banyak warga yang berada di kaki gunung Slamet percaya jika gunung tertinggi kedua di pulau Jawa itu meletus, maka akan membuat parit besar atau selat yang menyatukan laut selatan dan utara. Mitos ini kemudian dihubungkan dengan ramalan Ki Jayabaya yang menyebutkan jika suatu saat nanti pulau Jawa bakal terbelah dua.

loading...

Salah satu seorang warga Bobosan, Banyumas, Jawa Tengah bernama Marko menjelaskan, “Kata orang tua, kalau Slamet meletus besar bisa membelah pulau Jawa soalnya letaknya pas di tengah pantai selatan dan utara. Warga kita tentu berharap Slamet seperti sedia kala, adem ayem, tidak meletus besar seperti kata orang-orang tua dulu kalau Slamet itu kan berarti menyelamatkan.

Gunung Slamet juga memiliki air terjun Guci di lereng Gunung Slamet, Slawi, dikenal sebagai objek wisata sejuk nyaman. Tak sedikit yang memanfaatkan sebagai tempat olah kanuragan dan batin. Airnya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam sakit kulit. Bahkan amat dipercaya bisa meningkatkan daya tarik terhadap wanita. Cukup dengan berendam, organ kewanitaan bisa kembali muda. Maka jangan heran bila lebih banyak pengunjung wanita ketimbang pria. Tapi obyek ini juga ada yang memanfaatkannya sebagai tempat mencari pesugihan.

Di balik gemuruhnya air terjun Guci, dipercaya sebagai sarang siluman naga bernama Naga Cerek. Meski royal memberi pesugihan, tapi berat permintaan Naga Cerek. Sebab yang diminta nyawa salah satu anggota keluarga. Boleh nyawa orang lain, tapi kalau meleset tetap harus diganti keluarga sendiri. Juru kunci setempat, bisa menyampaikan permintaan itu kepada Naga Cerek dengan ritual khusus.

Itu pun harus dilakukan malam jumat legi dan selasa kliwon. Uba rampe yang harus dipersiapkan antara lain, minyak wangi, kemenyan, kembang dan tumpeng. Bila semuanya sudah siap, ritual bisa langsung digelar. Kehadiran Naga Cerek bisa ditandai bila air yang berisi uba rampe berbuih. Lagi pula si juru kunci haus sampai mengalami trance. Setelah itu, si peminta pesugihan dipersilakan mandi air terjun Guci. Banyak pemandu wanita siap memberikan jasa pada setiap tamu, baik laki-laki maupun perempuan. Usai menjalani ritual, lalu dilakukan kenduri sekadarnya.

Share This: