Misteri Lubang Punggung Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah hantu wanita yang suka menculik anak kecil, dan menggoda lelaki. Beberapa cerita yang paling sering diceritakan adalah kisah pengendara lelaki yang kebetulan diberhentikan oleh sesosok wanita cantik di tengah jalan yang sunyi, di malam yang sudah larut. Wanita cantik itu kemudian akan meminta pengendara tersebut agar diberikan tumpangan. Karena jalanan malam yang sudah sangat sepi, kebanyakan pengendara laki-laki bersedia mengantar wanita tersebut.

Namun sesampainya di tempat tujuan, wanita cantik itu akan berubah ke wujud aslinya menampakkan lubang menganga di punggungnya. Biasanya, Sundel Bolong akan mencoba merayu sekali lagi, dan ketika orang itu menolaknya, hantu wanita itu akan menghabisi nyawa orang tersebut. Selain merayu lelaki, Sundel Bolong konon sangat suka menculik anak kecil. Sehingga, para orangtua selalu memperingatkan kepada wanita-wanita yang sedang hamil atau baru saja melahirkan bayinya untuk berhati-hati dengan hantu wanita penculik bayi tersebut.

Karena diketahui Sundel Bolong sangat suka menculik anak-anak bayi yang baru lahir, maka mitos tentang ini kemudian merebak di masyarakat. Konon, Sundel Bolong biasa berada di rumah sakit mengintai wanita hamil yang akan segera melahirkan. Ketika anak bayi dari wanita hamil itu akhirnya lahir, hantu wanita itu akan mengincar ari-ari bayi tersebut.

Maka bagi sebagian orang, ari-ari seorang bayi yang baru saja dilahirkan harus segera disimpan di suatu tempat yang tidak diketahui orang lain atau dikuburkan di tempat-tempat rahasia. Karena, jika ari-ari itu ditemukan oleh Sundel Bolong dan diambil, kemungkinan bayi itu tidak akan berumur panjang. Mitos lainnya yang beredar di masyarakat urban, adalah tentang sebuah lubang besar yang ada di tubuh bagian belakang hantu ini.

Konon, sebenarnya Sundel Bolong sangat malu memiliki lubang itu. Sehingga ketika seseorang dapat melihat lubang tersebut sengaja atau tidak sengaja hantu Sundel Bolong akan marah dan mengisap darah orang itu hingga mati. Walaupun Sundel Bolong diartikan wanita dengan lubang di punggungnya, Legenda Sundel Bolong bermula ketika seorang wanita digauli oleh laki-laki dan akhirnya mengandung. Namun wanita ini sangat menyayangi janin yang ada di dalam kandungannya.

loading...

Belum sempat melahirkan bayinya, wanita itu kemudian meninggal dunia. Wanita itu dikuburkan bersama bayi yang dianggap juga telah ikut meninggal. Tetapi dugaan itu salah, bayi yang berada dalam kandungan wanita malang itu akhirnya lahir di dalam kubur. Anehnya, bayi tersebut tidak lahir melalui mayat wanita itu, melainkan keluar dari punggung dan membentuk lubang yang menganga. Sayangnya, bayi itu tidak dapat terselamatkan karena berada dalam kuburan.

Karena pengalaman pahit serta kematian yang dialaminya, wanita itu akhirnya bangkit dari kuburnya menjadi arwah penasaran. Sejak itu, hantu wanita dengan lubang di punggungnya menuntut balas dan menghantui laki-laki yang menurutnya telah melakukan perbuatan jahat kepadanya. Karena bayinya juga ikut meninggal sesaat setelah kematiannya, maka hantu wanita tersebut sangat menyesalinya. Untuk menggantikan rasa penyesalannya itu, hantu itu selalu mencari anak bayi yang baru dilahirkan untuk diculik.

Share This: