Misteri Plaza Ambarrukmo

Pada tahun 2005 – 2006 adalah awal dari pembangunan plaza Ambarrukmo atau lebih dikenal dengan Amplaz. Saat pemasangan fondasi plaza ini pun banyak sekali memakan korban malah lebih parah sampai memakan 15 korban jiwa. Kebanyakan orang yang meninggal diluar nalar, banyak ular dengan ukuran yang tidak biasa juga ditemukan saat penggalian basement plaza ini. Pembuatan fondasi dan basement yang paling banyak memakan korban.

Konon para korban dikubur di dekat tiang fondasi. Tiang-tiang yang ada di parkir basement plaza ambarrukmo, itu diselatan, kalau di utara itu pojok. Tempat yang bisa buat masuk menembus ke carefour. Dulunya adalah kuburan. Entah kuburan apa tapi yang paling mendekati adalah kuburan kuda kencana milik Kraton. Di utaranya dulu banyak pohon durian tinggi yang mirip hutan.

loading...

Mitos yang paling sering terdengar di plaza ambarrukmo, dulu orang yang lewat situ jalan solo, naik motor sering sekali macet dan seperti mendengar kelapa jatuh didekatnya. Ketika mau diambil tiba-tiba kelapa itu berubah jadi bentuk muka dan orang jawa biasa menyebutnya dengan Gundul Pringis atau Glundung Pringis. Sekitar basement deket lift atm center bawah kalau sekarang. Nah di area pesanggrahan plaza Ambarukmo sebenarnya ada 3 tempat keramat.

1. Sumur tua (posisi ada di belakang pendopo) sering diberi sajen dan konon air disumur itu rasanya segar.
2. Pendopo itu sendiri yang masih berdiri.
3. Pohon Asem, letaknya itu tadi pas basement deket lift atm bawah, pohon ini konon keramat dan jadi sarang mistis bagi Pesanggrahan Ambarukmo. Ditebang lalu banyak korban dan kini jadi Amplaz seperti sekarang.

Tempat paling sering ada penampakan adalah seluruh basement plaza ambarrukmo, disitu memang belasan yang tewas saat penggalian tanah untuk fondasi. Plus ditambah misteri dimana lokasi sebenarnya bekas berdirinya pohon Asem keramat itu. Paling sering terjadi penampakan kakek tua duduk deket lift.

Share This: