Mitos Behemoth

Behemoth merupakan sebuah ikan besar yang ada didalam mitologi Arab. Dalam beberapa sumber, Behemoth digambarkan memiliki kepala menyerupai kuda nil atau gajah. Dalam Buku Jorge Luis Borges “book of imaginary beings”, Behemoth adalah binatang mitologi Arab.

Dalam mitos Arab, Behemoth adalah ikan raksasa, digambarkan sebagai sangat besar bahwa manusia tidak akan tahan melihat mereka karena saking takjubnya, “jika lautan dunia, ditempatkan di salah satu lubang hidung ikan, akan seperti biji sesawi diletakkan dalam gurun”.

Salah satu tradisi menggambarkan Behemoth sebagai ikan mengambang di lautan yang tak terukur. Di atas ikan terdapat seekor banteng disebut Kujata, pada punggung banteng terdapat gunung ruby, di gunung ruby berdiri seorang malaikat, diatas malaikat terdapat enam lapisan neraka, di atas neraka terdapat bumi, dan di atas bumi terbentang tujuh langit.

loading...

Menurut Borges, Behemoth dalam cerita ini digambarkan dalam kolam ikan raksasa di lautan yang luas. Ikan ini membawa banteng di atas kepalanya, banteng tersebut membawa batu, dan di atas batu adalah malaikat yang membawa tujuh tahapan bumi. Di bawah Bahamut adalah jurang udara, kemudian api, dan di bawah api tersebut terdapat ular raksasa bernama Falak.

Borges mengutip gagasan Behemoth ini sebagai bagian dari suatu kosmologi berlapis sebagai ilustrasi bukti kosmologis keberadaan Sang Pencipta, yang menyimpulkan penyebab pertama dari adanya kemungkinan alam semesta yang tidak terbatas.

Arie R

Arie R

Suka berbagi cerita dan senang membaca website seperti KCH!

All post by:

Arie R has write 81 posts

Please vote Mitos Behemoth
Mitos Behemoth
Rate this post