Mitos Legenda Candi Prambanan

Mitos dan legenda Candi Prambanan ini telah dikisahkan sejak dari zaman nenek moyang. Konon Candi Prambanan dibangun oleh Dinasti Sanjaya di abad ke-9, tepatnya selesai dibangun pada tahun 825 M. Candi yang mempunyai tinggi 47 meter ini terletak disebelah timur Yogyakarta. Menurut legendanya dikisahkan bahwa Roro Jonggrang adalah puteri dari Raja Boko yang berkuasa di daerah Prambanan.

Kecantikan dan keanggunan Roro Jonggrang membuat seorang pria dari daerah Pengging yang bernama Bandung Bondowoso ingin memperistrinya. Namun tetapi sebenarnya, Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso. Untuk menolak pinangan dari Bandung Bondowoso tersebut, Roro Jonggrang mengeluarkan syarat agar dibuatkan 1000 candi dalam waktu satu malam saja. Akhirnya Bandung Bondowoso pun menyanggupi permintaan Roro Jonggrang.

Sebelum melaksanakan pekerjaan nya, dia bersemedi terlebih dahulu untuk mendapat kekuatan dan bantuan dari para makhluk jin. Menjelang petang, pembangunan seribu candi pun mulai dilaksanakan, dan menjelang matahari terbit, pembangunan itu sudah hampir selesai. Melihat hal ini, Roro Jonggrang pun cemas dan berusaha mencegah agar pembuatan candi tersebut gagal.

loading...

Akhirnya Roro Jonggrang kemudian memanggil seluruh putri yang ada di desa untuk segera membakar jerami dan memukul lesung (alat penumbuk padi tradisional di Jawa), supaya terkesan hari telah menjelang fajar. Jin-jin yang melihat hari telah menjelang fajar mulai meninggalkan pekerjaannya. Setelah dihitung, ternyata pekerjaan yang tersisa hanyalah sebuah arca.

Bandung Bondowoso pun mengetahui kecurangan Roro Jonggrang. Dengan perasaan sangat marah dan juga kecewa, ia mendatangi Roro Jonggrang. Tapi Roro Jonggrang tetap bersikukuh minta digenapi menjadi 1000 candi. Hal ini menimbulkan kemarahan Bandung Bondowoso. “Kurang satu, tambahnya kamu sendiri”. Setelah Bandung Bondowoso mengeluarkan kata-kata itu, Roro Jonggrang pun langsung berubah menjadi arca, untuk melengkapi sebuah arca yang belum terselesaikan. Dan arca ini bisa kita lihat di bilik sebelah utara candi utama.

Mitos yang beredar adalah jika ada orang yang lagi pacaran dan datang ke Candi Prambanan ini bersama pasangan nya, maka tidak lama kemudian pasangan tersebut akan berpisah. Kebenaran dari mitos tersebut sampai sekarang masih menjadi tanda tanya, namun ada sebagian orang yang menganggap bahwa hal tersebut benar adanya. Kesimpulan nya, sebaiknya menikah terlebih dahulu sebelum datang ke Candi Prambanan ini.

Share This: