Mitos Legenda Danau Aneuk Laot

Legenda Danau Aneuk Laot ini menceritakan putri cantik jelita yang mendiami pulau tersebut dan meminta kepada Sang Pencipta agar tanah di pulau-pulau ini bisa ditanami. Untuk itu, dia membuang seluruh perhiasan miliknya sebagai bukti keseriusannya. Sebagai balasannya, Sang Pencipta kemudian menurunkan hujan dan gempa bumi di kawasan tersebut.

loading...

Kemudian terbentuklah danau yang lalu diberi nama Aneuk Laot. Danau seluas lebih kurang 30 hektar itu hingga saat ini menjadi sumber air bagi masyarakat Sabang meski ketinggian airnya terus menyusut. Setelah keinginannya terpenuhi, sang putri menceburkan diri ke laut. Meski tidak ada sumber tertulis yang jelas, keinginan sang putri agar Sabang menjadi daerah yang subur dan indah setidaknya tecermin dari adanya taman laut yang indah di sekitar Sabang.

Kondisi yang demikian kenyataannya juga telah memberi penghidupan kepada masyarakat. Beberapa tetua dari gampong ini mengaku kerap melihat beberapa putri mandi dengan dikawal seekor burung api dengan pelangi di waktu fajar. Meski pernyataan ini banyak menuai perdebatan, namun pengakuan ini cukup menarik.

Ada sebuah cerita mistis takan bahwa dulu, ada seorang nelayan yang tengah memancing diatas perahu. tiba-tiba ia tersentak lantaran merasakan tarikan dahsyat. seketika melompat seekor ikan gabus berukuran raksasa dan kemudian menarik si nelayan ke dasar danau.dan anehnya seketika itu ia dapat bernafas di dalam air. jauh mengikuti tarikan dari ikan gabus, ia dikejutkan oleh sebuah istana emas di dasar danau.

Disambut oleh dayang istana, ia menghadap seorang ratu cantik yang menawarkan harta dan dirinya untuk diperistri. Namun si nelayan menolak lantaran ia sudah berkeluarga. Si “ratu” menyuruhnya tinggal semalam. keesokan harinya, nelayan diantar oleh sepasang makhluk aneh ke permukaan. Sesampai di rumah, nelayan di kejutkan oleh kerumunan yang kaget atas kehadirannya. Mereka mengaku si bapak telah hilang selama 40 hari dan dinyatakan tewas.

Share This: