Mitos Legenda Sungai Vaitarna

Sungai Vaitarna adalah sungai yang ada di mitologi agama Hindu. Sungai ini dipercaya membatasi dunia manusia dengan Naraka dunia Yama, dewa kematian agama Hindu yang diyakini bisa memurnikan dosa-dosa manusia. Sungai Vaitarna konon harus diseberangi oleh seluruh manusia yang sudah meninggal. Bagi orang-orang yang telah melakukan kebajikan semasa hidupnya, akan melihat sungai ini dialiri air sari bunga dan segala macam kenikmatan, sementara orang-orang jahat akan melihat sungai yang dialiri darah serta tulang belulang.

Selama menyeberangi sungai kematian ini, orang-orang akan menebus dosa-dosa selama hidupnya sebelum memasuki alam selanjutnya. Ada beberapa cara untuk melewati sungai ini menurut kepercayaan agama Hindu. Pertama, adalah orang-orang yang lewat begitu saja  atau tidak perlu melewati sungai itu lagi, karena kebajikan yang telah dilakukannya semasa hidup di dunia manusia. Kedua bergantung kebajikan diantara dosa-dosa yang manusia itu lakukan.

Jika pernah melakukan beberapa kebajikan seperti menyumbang makanan dan uangnya atau yang lainnya demi kebajikan maka orang itu akan melewati sungai itu dengan sebuah sampan. Jika seorang manusia tidak pernah melakukan kebajikan tapi mengikuti seorang guru spiritual, maka orang itu bisa menyeberangi Sungai Vaitarana dengan memegang tangan sang Guru. Jika seorang pendosa tidak bisa melewati dengan cara-cara tadi, maka dia harus menunggu hingga pelayan Yama tiba dan menyeret mereka dengan paksa menyeberangi sungai itu.

loading...

Setelah manusia menyeberangi sungai itu, dia kemudian akan diadili sekali lagi berdasarkan perilakunya. Jika masih dinyatakan berdosa maka orang gitu akan ke neraka atau terlahir kembali sebagai manusia untuk menebus kesalahannya lagi, sebaliknya roh-roh yang baik akan dibawa ke surga. Jika roh manusia itu tidak bisa atau memiliki kendala menyeberangi Sungai Vaitarna, maka dia tidak bisa ke neraka.

Dia akan selamanya terjebak di sana. Roh-roh ini ada karena dosanya yang terlalu besar, sehingga dia tak pantas terlahir lagi sebagai manusia bahkan hewan. Roh-roh ini bisa dikatakan hantu-hantu penasaran yang terjebak di alam baka selamanya. Sungai Vaitarna tidak hanya di mitologi Hindu. Orang-orang India yang memang kebanyakan beragama Hindu menganggap Sungai Vaitarna ada dunia nyata. Sungai itu bernama Sungai Baitarani di Odisha, salah satu dari enam sungai besar di India yang sarat cerita-cerita epik dan legenda.

Share This: