Munding Jamparing (Hantu Kerbau)

Aku mau menceritakan kisah nyata tentang hantu kerbau atau di kenal dengan “munding jamparing”. Kejadiannya dulu ketika usiaku 10 tahun. Dan sekarang usiaku sudah 33 tahun. Ketika itu aku dan kedua orang tuaku habis bersilaturahmi ke rumah kakek dan nenek yang dari bapak. Ketika itu kami tidak mempunyai kendaraan pribadi, jadi kalau mau main ke rumah saudara kami suka berjalan kaki.

Rumah kakek nenekku cukup jauh. Ada dua jalan yang bisa kami tempuh. Pertama jalan raya lewat kecamatan, dan yang kedua jalan setapak yang melewati bukit, sungai dan pesawahan. Dan kami ketika itu memilih jalan setapak untuk ke rumah kakek dan nenek. Seru juga sambil lihat pemandangan terus sambil renang di sungai. Dalam perjalanan aku suka memetik buah cecendet yang rasanya asam manis juga pahit.

Singkat cerita waktu sudah menunjukan pukul 17:00 sore. Kami akhirnya pulang dan melewati jalan setapak itu lagi. Setelah melewati sungai kami melewati sawah yang sudah di panen, kemudian tanjakan. Tapi sebelum tanjakan ada air pancuran dari mata air yang pakai bambu buatan warga. Ketika kami bertiga mencuci kaki, aku menengok ke belakang ke arah sawah yang banyak jerami itu.

Dan aku melihat ada kerbau sedang makan rumput. Awalnya aku santai saja tapi lama-lama rada merinding juga. Sementara hari sudah semakin gelap karena perjalanan pulang sekarang sangat jauh. Karena aku merasakan sesuatu yang aneh, aku memberitahukan kepada bapak ibuku kalau di sana ada kerbau. “Bu. Bu, itu ada kerbau?” kataku sama ibuku. Kemudian ibuku melihat ke arah yang di tunjuk oleh jari telunjukku. Tidak lama kemudian ibuku menjawab.

“Ah mana gak ada kok?”.
“Itu bu, itu pas jerami?”.
“Mana gak ada kok, mana sih?” jawab ibuku bingung.

loading...

Bapak aku kemudian ikut berkomentar kalau dia juga tidak melihat kerbau itu. Padahal jelas sekali aku melihat kerbau itu sendirian sedang makan rumput. Dan jarak kerbau dari kami kira-kira 10 meter. Akhirnya kami bertiga cepat-cepat pulang ke rumah. Sekian.
Facebook: Marwan Marley Nurrohman

KCH

DIDI WASIDI

Sekedar kembali mengingatkan. "Jangan pernah baca ini sendirian" :)

All post by:

DIDI WASIDI has write 2,694 posts