Penjawab Salam Misterius

Hai, kembali lagi dengan Ridha. Kali ini Ridha akan menuliskan kisah nyata tentang penjawab salam misterius, sebuah kisah yang pernah dialami Ridha saat masih SMP. Kejadian bermula pukul 12:55 WIB, saat aku pulang sekolah. Dulu, aku pulang pergi ke sekolah dengan mengendarai sepeda, karena jarak sekolah cukup jauh, beda desa.

Seperti biasa, setiap berangkat dan pulang sekolah, aku selalu mengucapkan salam kepada orang-orang di rumah. Makanya, aku tak heran jika ada anggota keluargaku atau tetangga rumah yang menjawab salamku. Namun, hari itu berbeda. Ini pertama kalinya salamku dijawab oleh sesuatu yang tak nampak.

“Assalaamualaikum”.
“Wa’allaikumsallaam”.

Dari dalam rumah, kudengar ada yang menjawab salamku. Aku sedikit terperanjat, karena yang menjawab salamku bersuara agak serak, seperti nenek-nenek tua. Ya nenek-nenek mana ada yang muda. *Hehe, ada-ada saja. Apakah nenekku dari kampung berkunjung ke sini ya? Aku langsung membuka gerbang rumahku dan menuntun sepeda untuk di masukan ke dalam. Ku taruh sepeda di teras rumah, aku duduk sejenak di bangku bambu yang ada di depan rumah untuk melepas lelah.

Setelah lelah mereda, aku masuk ke dalam rumah. Pintu tak terkunci, sehingga aku tak merasakan ada keanehan. Namun, saat aku mencari orang tuaku untuk bersalaman, aku tak menemukan mereka, bahkan aku tak melihat ada nenekku di dalam rumah. Siang itu, rumah sepi tak ada seorang pun. Aku menatap jam dinding, menunjukan pukul 13:05 WIB. Biasanya, bapakku masih di tempat kerja dan ibu menjemput adikku ke sekolah. Hari ini aku pulang sekolah agak telat karena pada pelajaran terakhir, guru masih terus menerangkan pelajaran, padahal waktu belajar telah berakhir.

loading...

Aku ini orangnya suka penasaran. Belum percaya betul bahwa yang menjawab salamku tadi adalah makhluk dunia lain, aku merasa ibu atau nenek sedang mengerjaiku. Sehingga aku cari sumber suara ke seluruh ruangan, aku naik ke lantai dua, tidak ada siapa-siapa.

“Mah? Mah? Nek? Nek” tak ada jawaban, rumah benar-benar kosong.

Aku keluar rumah, kutengok kanan kiri, siapa tahu ada orang. Tapi suasana siang itu sangat sepi. Tak ada seorang pun di luar, mungkin karena cuaca panas yang sangat menyengat. Pada tengah hari para tetanggaku terbiasa tidur siang, mereka keluar rumah pada sore harinya. Aku duduk di bangku bambu depan rumah, menatap jalanan depan rumahku. Tak lama kemudian, aku di kejutkan oleh sesosok makhluk berjalan di depan rumahku dengan darah segar mengalir di seluruh tubuhnya.

Badanku langsung kaku, namun aku tetap *cuek. Saat itu, aku belum tahu, yang kulihat itu hantu atau hanya halusinasiku saja. Saat aku memandangnya cukup lama dengan badan nyaris tak bisa digerakan, makhluk misterius itu menghilang. Aku merasa seperti menonton pertunjukan sulap. Belum sempat, aku berpikir jernih. Tak lama kemudian, ibuku pulang ke rumah bersama adikku.

“Mah, nenek ke sini?” aku tanya ibuku yang sedang memarkirkan motor di depan rumah.
“Nggak. Nenek kan lagi di kampung”.
“Tadi aku dengar ada suara nenek jawab salam aku”.
“Kamu salah dengar kayaknya”.

Ibuku langsung masuk ke dalam rumah membawa tentengan belanjaan. Aku langsung mengambil telepon rumah. Aku telepon nenekku di kampung.

“Assallamualaikum, nek. Nenek sehat?”.
“Alhamdulillah, Ka. Tumben nelepon lagi, ada apa?”.
“Nenek sekarang lagi dimana?”.
“Di rumah, kenapa? Kamu ngomongnya kayak orang habis dikejar-kejar hantu?”.
“Oh, aku kira nenek ke sini, ya sudah ya, nek?”.
“Iya”.

Klik. Bulu kudukku melai meremang. Siapa yang menjawab salamku tadi? Apakah itu kamu? Atau dia? *Huhu, sampai sekarang aku masih mempertanyakannya. Bantu aku menemukan jawabannya yuk? Jangan lupa kenalan sama aku ya.

Judul: Penjawab Salam Misterius
Oleh: Ridha Eka Rahayu
Instagram: @ridhaekarahayu
Facebook: Ridha Eka R.

Ridha Eka Rahayu

Ridha Eka Rahayu

Ridha Eka Rahayu atau sering dipanggil Ridha adalah seseorang yang bercita-cita menjadi penulis lepas yang tidak pernah lepas dari tulisan. Berteman yuk, kunjungi facebook aku: Ridha Eka R dan IG aku: @ridhaekarahayu. Nanti dikasih sayang sama dia. Hihi.

All post by:

Ridha Eka Rahayu has write 3 posts

Please vote Penjawab Salam Misterius
Penjawab Salam Misterius
2.6 (52.5%) 8 votes