Rawa Kembar

Halo ketemu lagi sama aku Dion. Kisah ini dari Lampung Tengah kecamatan Seputih Raman tepatnya desa Rukti Harjo 2 yang berbatasan dengan Rama Indra 2 (rawa kembar sebagai pembatas). Kalau kalian tidak percaya boleh dicari lokasinya lewat google map. Atau datang ke lokasi. Sengaja saya sebut detail lokasinya siapa tahu masuk [masih] Dunia Lain.

Karena banyak sekali cerita disekitaran rawa kembar ini, jadi aku akan mengupas satu persatu. Oleh orang sini rawa ini dikenal dengan nama rawa mbah Madrus, karena memang dipinggir rawa itu ada rumah yang bertahun-tahun ditinggali sepasang kakek nenek tua renta tanpa listrik. Hidup bertahun-tahun berteman lampu minyak. Di rawa kembar ini terdapat dua jembatan dan jalan lumayan lebar beraspal karena merupakan jalan utama dr Rama Kelandungan (RK), Rama Indra (RI), Rama Yana(RY) dan merapi menuju pasar/kantor kecamatan.

1. 200 meter sebelum rawa ada rumah kecil yang disampingnya ada beberapa kolam ikan galian traktor. Di rumah itu pernah ditinggali Mbok rondo dan cucu perempuannya. Tak berapa lama mereka pindah karena gak betah. Berdasarkan cerita sih mereka berdua pernah ditemui sosok pocong dirumah itu. Masyarakat gak heran karena rumah itu memang terletak di ujung pematang sawah dihuluan rawa.

loading...

Pernah juga orang rukti harjo 5 bernama ketut pesan yang lagi ik**h-ik**h k*m*ch* bersama perempuan dirumah kosong itu. Dia melihat genderuwo yang hanya terlihat jempol tangannya karena sosoknya yang besar menjulang melebihi atap rumah.

2. Lain cerita namun masih ditempat yang sama. Berjarak 50 meter dari gubuk kecil itu ada rumah yang ditempati seorang kakek tua bernama mbah Madrus.. Berulang kali mbah madrus yang sedang tertidur dimalam hari dipindahkan kebawah rindangnya pohon bambu. Mbah madrus jengkel dan bilang dalam bahasa ngapak yang dalam bhsa indonesia artinya “berani-beraninya kamu. Sini tak sunatin”.

Selang beberapa tahun mbah Madrus telah berpulang ke Rahmatullah dan rumahnya ditempati oleh anak dan cucunya. Tanpa alasan yang kurang jelas anak dan cucunya itu pindah dan menjual rumah dan pekarangannya ke dokter Otniel dan akhirnya rumah itu dibongkar dan dibangun kolam renang. Secara kalau bilang pindah karena rumahnya angker pasti gak ada yang mau beli.

Ya kan, jadi alasannya jelas ditutup-tutupi. Kolam renang yang sampai tahun 2017 ini masih beroperasi dan ramai anak-anak pada hari sabtu dan minggu itu ada penjaganya anak tamatan SMA. Ya memang awal-awal siang malam penjaganya disitu tapi belum apa-apa belum ada sebulan penjaganya kalau menjelang sore tiba. Dia pulang kerumahnya dan kembali pagi harinya. Kenapa? Mau tahu alasannya? Silahkan saja uji nyali dirumah itu. *Haha.

3. Di seberang rawa 20 meter dari bekas rumah mbah madrus (sekarang kolam renang) ada gubuk bambu. Rumah anak sulungnya yang membuat klanting. Sebut saja pak Satin. Gak sampai setahun juga tidak kerasan stay digubuk kecilnya itu.

4. Ada lagi rumah anaknya yang terhimpit rawa kembar itu. Sebut saja pak Giono. Di sumur rumahnya ada kuntilanaknya. Pak Giono ini orangnya suka main judi. Tiap hari pulang malam jam setengah dua. Setiap hari si mbak kunti sudah menunggu di ujung tanjakan rawa untuk membuntuti pak Giono ikut pulang kerumah. Pernah juga seseorang yang pulang dokter Rama Indra melintasi rumah pak Giono melihat empat pocong berjajar diteras depan. Awalnya itu orang mengira itu pilar teras ketika dilihat dengan saksama ternyata pocong.

5. Pernah seorang perempuan tukang sayur yang pagi-pagi buta melewati rawa kembar melihat sosok berjubah putih membawa tongkat sedang menggiring ribuan tikus menyeberangi rawa. Kata orang sini sih itu tikus wabah padi bersama pemiliknya.

Sekian ya guys. Kalau tidak percaya silahkan kalian datang rawa kembar ini. Gak perlu malam jumat kliwon atau malam satu suro. Cukup malam-malam biasa saja. Berani coba? Buat tambah-tambah teman. Add saja facebookku. Maaf kalau gak seram.
Facebook: Dion Reno Pratama II

Dion Reno Pratama

Dion Reno Pratama

Nama saya Rahmat Hidayat biasa dipanggil Day atau Dion/Reno ( menyimpang bgt sama nama asli dg asal usul yg sangat ribet) :v asal Lampung tengah kec. Seputih Raman ds. Rukti Harjo II tp skrg stay di Cikarang Bekasi. Udh gt aja. Hehe

All post by:

Dion Reno Pratama has write 2 posts