Rumah Paling Berhantu di Dunia

Rumah Whaley di San Diego, California, Amerika Serikat adalah sebuah rumah paling berhantu dengan sejarah yang kelam dan menakutkan. Kini beroperasi sebagai sebuah museum, yang memiliki reputasi sebagai salah satu rumah paling berhantu yang ada di dunia. Para pemburu hantu juga telah beberapa kali mengunjungi rumah ini selama bertahun-tahun.

Kisahnya bermula ketika Rumah Whaley ini dibangun pada tahun 1857 oleh Thomas Whaley di atas tempat penggantungan dan pemakaman untuk umum. Kematian telah terjadi beberapa kali di tempat ini dan kini menjadi rumah dari banyak hantu-hantu dan penampakannya. Tak terhitung penggantungan terjadi di tempat itu sebelum Rumah Whaley ini dibangun. Di salah satu lantai yang berada dalam rumah itu seorang Yankee Jim Robinson pernah tergantung di sana pada tahun 1852.

Yankee Jim adalah seseorang yang sangat tinggi dan ketika digantung kakinya berusaha mengais-ngais tanah yang berada dibawahnya seraya menahan jeratan yang ada dilehernya. Katanya butuh hampir sejam untuknya menghembuskan nafas terakhir. Demi membangun rumahnya, Tuan Whaley merobohkan tempat penggantungan lama itu. Dan segera keluarga Whaley pindah ke dalam rumah tersebut. Mereka lalu mulai mendengar langkah-langkah kaki yang berat bergerak naik dan turun tangga. Tuan Whaley mengatakan itu terdengar seperti sepatu bot dari seseorang yang sangat besar.

Banyak orang merasakan pengalaman seperti terjerat di leher mereka ketika berdiri di salah satu lantainya. Yang lain mengatakan melihat figur penampakan dari Yankee Jim di atas tangganya. Anak laki-laki Whaley yang paling kecil adalah orang yang pertama meninggal di rumah ini. Dia ditemukan telah meninggal karena suatu wabah demam di kamarnya, pada tahun 1858. dan di usianya yang hanya berusia 17 bulan. Sejak itu, tangisan-tangisan tak berwujud kerap terdengar dan dilaporkan datang dari kamar yang dulunya bayi itu tempati.

Pada pertengahan tahun 1800 an seorang gadis muda bernama Carrie Washburn, yang merupakan teman dari anak-anak Whaley, sedang bermain di halaman belakangnya. Dia tidak memperhatikan sekitarnya dan tak sengaja berlari ke tali jemuran yang ada di sana. Tali itu lalu melilit di lehernya dan mencekik tenggorokannya. Sepertinya dia tengah tergantung. Mayatnya lalu dibawa masuk ke dalam rumah setelah ditemukan dan ditinggalkan di atas meja dapur. Sejak itu, seorang anak perempuan yang pirang kerap terlihat berdiri di dalam dapurnya dan berlari-lari ke halamannya.

Pisau pemotong daging juga biasa terlihat bergerak dengan sendirinya. Suatu waktu, Tuan Whaley ini lalu menyewakan lantai atas dari rumah ini untuk sebuah kelompok theater. Suatu malam, seorang anggota kelompok theater ini mabuk dan menuduh teman wanitanya tidak setia kepadanya. Ketika gadis itu menyangkalnya, dia mengambil sebuah pisau dan menikamnya hingga tewas di belakang pintu. Anak perempuan tertua dari Thomas Whaley, Violet, di tahun 1885 pernah mencoba untuk melakukan bunuh diri tanpa alasan yang jelas.

Dia membuang dirinya sendiri dari atap rumahnya dan jatuh di dalam sebuah sumur yang dalam yang berada di luar rumah itu. Ayahnya yang mendengar teriakannya ketika terjatuh di air lalu berlari mendekati dan menyelamatkannya. Tiga minggu kemudian, Violet meninggal secara misterius. Katanya sebelum kematiannya dia pergi ke kamar kecil di rumah Whaley, mengambil sebuah senapan dan menembakkannya di dadanya sendiri. Namun entah bagaimana, ketika mereka menemukan mayatnya dalam kamar kecil itu, senapan itu tidak ditemukan dimanapun. Bertahun-tahun setelahnya, senjata itu ditemukan tersembunyi di bawah sebuah lempengan yang berada di lumbung di belakang rumah itu.

Tak seorang pun yang tahu bagaimana benda itu bisa berada di sana. Pada akhirnya setelah meninggal, arwah Thomas Whaley menempati rumah ini di lantai ke duanya, berpakaian jas berwarna hitam dengan topi yang bertepi luas. Orang-orang juga melihat penampakannya memandangi mereka dari atas jendela rumahnya. Beberapa tahun yang lalu, seorang pembawa acara TV Regis Philbin mencoba menghabiskan semalam dalam rumah tersebut. Beberapa kali pada lewat tengah malam, dia bilang, dia melihat sesuatu bergerak dari ruang belajar menuju ke ruang musik, tapi ketika dia menyalakan senter untuk melihatnya, sosok itu telah menghilang.

Rumah itu kini menjadi sebuah museum sejak 1960. Pada 150 tahun usia rumah itu bisa dipastikan hanya mengalami kematian dan kesedihan yang berturut-turut. Para pengunjung secara berulang-ulang melaporkan melihat penampakan hantu seseorang tergantung, pemilik rumah yang dulu, dan seorang gadis muda gentayangan di ruangan-ruangan yang ada dalam rumah tersebut. Orang-orang bepergian dari jauh untuk melihat bangunan yang bersejarah ini dan misteri yang tersimpan di dalamnya.

loading...

Share This: