Sejarah Asal Usul Desa Batuah

Hai nama aku Fitri dari kalimantan tengah ini pertama kalinya aku ngirim cerita di sini judul cerita aku kali ini adalah Legenda Sejarah Asal usul Desa Batuah. Desa Batuah adalah desa yang berada di wilayah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur (Kalimantan Tengah) yang sekarang banyak mengalami kemajuan baik di bidang ekonomi, pendidikan, dan juga sarana yang sudah maju.

loading...

Di tambah lagi sekarang ini sedang di persiapkan proses pembukaan tambang batu bara oleh salah satu penduduk perusahaan sumber pendapatan penduduk desa batuah adalah karet dan batu bara. Pembangunan yang menjadi aset bangunan di barito timur dan barito selatan. Di desa batuah juga terdapat dua potensi alam yang belum dimanfaatkan, yaitu air terjun Riam Kendung Baleram.

Batuah adalah penyatuan kata batu dan tuah lalu menjadi Batuah yang menyandang arti “batu yang membawa rejeki”. Fokus pada asal usul desa batuah di sungai Maiintut, Sungai maiintut ini menuju sungai Lapuan yang merupakan tempat berkelompoknya penduduk buntait atau tumpangan adalah sebutan status pemukiman penduduk yang terdiri dari 5 buah kepala keluarga yang didirikan di pinggir sungai kapuan.

Pada muara sungai malintut menuju ke sungai kapuan terdapat bukit besar yang menutupi sungai malintut. Bukit batu besar yang menutupi sungai malintut disebut batu kampong itu nama desa batuah sebelum tahun tujuh puluhan, tetapi atas saran dari bapak camat momaso sama nampa desa batu kampeng di ganti dengan dengan desa batuah karna menurut beliau batuah yang membawa berkah.

Pengertian batuah maksudnya bila batu tersebut di tambang dan di manfaatkan akan membawa kemajuan bagi desa tersebut. Sekian ya cerita dari saya bila ada salah di dalam cara penulisan saya mohon maaf.

Share This: