Sekretariat Berhantu

Bukan hanya di area yang berhantu seperti kuburan dan gedung tua yang di huni oleh para makhluk halus yang biasa disebut dengan hantu, namun terkadang tempat yang dijadikan perkumpulan organisasi seperti sekretariat pun bisa saja ada penunggunya. Sekretariat ini berada di sebuah gedung bernama student centre yang merupakan gedung pusat kegiatan organisasi kami, berlantai dua dengan lapangan di tengahnya dan ruangan-ruangan sekretariat di sekeliling lapangan. Di sudut sudut gedung terdapat toilet dan tangga untuk naik ke lantai dua.

Sekretariat ini berbeda dari sekretariat lainnya di gedung student centre. Kami memiliki ruang tambahan di bawah tangga hasil kreativitas para anggotanya, ruang utama, dan juga halaman belakang. Halaman belakang merupakan ruang terbuka. Di halaman belakang ini kami membuat saung, kanopi, serta kolam ikan. Di sini juga di tumbuhi pohon-pohon lebat yang ditanami anggota-anggota terdahulu. Jika malam hari, halaman belakang ini gelap gulita, hanya teras berkanopi dan saung yang diterangi lampu. Cukup mencekam jika anda duduk sendirian di sana. Apalagi banyak cerita-cerita mistis yang bergentayangan tentang halaman belakang ini.

Aku pernah dengar bahwa di bagian pojok dari halaman belakang ini dihuni oleh makhluk menyeramkan sejenis genderuwo. Aku juga pernah dengar cerita bahwa salah satu kayu bahan pembuat saung kami berasal dari kayu yang diambil dari pemakaman yang disambung-sambungkan dengan cerita-cerita suara aneh yang acap kali terdengar jika kita tidur di saung itu pada malam hari. Terlepas dari mitos-mitos tadi, aku punya cerita menyeramkan sendiri tentang sekretariatku ini yang aku alami bersama tiga orang temanku.

Di suatu malam, saat jam dinding menunjukan pukul 01.00 dini hari, suasana student centre telah sepi dari kegiatan mahasiswa. Di sekretariat hanya tinggal aku, kresna, rendy, dan mingkel. Seperti biasa, malam ini kami lalui dengan berbincang-bincang di atas kasur yang kami gelar di ruangan utama. Entah bagaimana awalnya, perbincangan mengarah pada pengalaman dan cerita-cerita mistis yang kami tahu.

Aku masih ingat ketika tumingkel bercerita tentang kuntilanak di sekolahnya dulu yang menakuti siswa yang sedang berkegiatan pada malam hari di sekolah itu. Pada saat penampakannya, para siswa spontan kaget dan mengucap “astagfirullah”. Namun sang hantu kuntilanak tidak gentar dan malah mengikuti ucapan para siswa berulang-ulang. Spontan para siswa pun lari tunggang langgang.

Aku juga masih ingat cerita kresna tentang sejenis pocong yang menampakan diri di jendela rumah kakeknya. Pocong itu berusaha masuk kedalam rumah namun tertahan karena kepalanya terjepit besi teralis kamar itu. Rendy tak mau ketinggalan. Dia bercerita tentang kompleksnya yang mendadak sepi setelah peristiwa pembantaian satu keluarga di kompleks tempat dia tinggal. Sejak peristiwa itu, penampakan kerap kali muncul pada malam hari.

Suasana makin mencekam, bulu kuduk kami sudah lama berdiri. Di tambah suara hujan rintik yang turun. Dalam kondisi seperti itu tiba-tiba kami mendengar jelas suara pintu sekretariat diketuk oleh sesuatu dan terbuka sendiri. Spontan kami langsung berteriak sekencang-kencangnya dan saling menindih, berpelukan satu sama lain karena rasa takut yang amat sangat. Tak lama kemudian dari pintu dengan perlahan muncul sesosok makhluk yang mengeluarkan suara.

“Mas, lagi cerita seram ya? Mau beli minum *dong mas”katanya sambil tersenyum. Ternyata yang mengetuk tadi bukan makhluk halus tapi mahasiswa yang ingin membeli dagangan kami. Ya, kami memang memiliki kulkas yang kami isi dengan berbagai minuman untuk kami jual. Menyadari tingkah laku dan reaksi kami, kami pun tertawa terbahak-bahak hingga keluar air mata dan mengabaikan si pembeli tadi.

loading...

Kami menertawakan kekonyolan kami. Beruntung bagi pembeli itu karena kami tidak mengikatnya dan menyeburkannya ke kolam kami yang ketika itu sedang butek dan berbau tidak sedap. *Haha, kejadian yang lucu dan betapa menyeramkan tempat sekretariat ini.

Ira Sulistiowati

Ira Sulistiowati

Jalani hidup ini penuh dengan tawakal.

All post by:

Ira Sulistiowati has write 56 posts

Please vote Sekretariat Berhantu
Sekretariat Berhantu
Rate this post