Silo Rano

Silo Rano biasa disebut dengan Lampu Danau adalah legenda yang menceritakan tentang penunggu danau di poso yang bersosok seperti ular naga. Mitos ini mendeskripsikan wujud ular tersebut ada juga yang mengatakan menyerupai ular sanca raksasa. Ada juga yang mengatakan menyerupai komodo raksasa, ada pula yang mengambarkan sosok mahluk raksasa yang menyerupai mahluk dinosaurus purba.

Konon mitos yang beredar oleh penduduk setempat mahluk penunggu danau poso ini bersarang disekitar Desa Taripa tepatnya bawah dibukit Marari atau oleh penduduk sekitar lebih akrab disebut sebagai Pada Marari. Penduduk berani mendiskripsikan bukit tersebut sebagai sarang mahluk ini dikarenakan puncak gunung tersebut selalu kering dan tidak ditumbuhi oleh pepohonan.

Penduduk berasumsi bahwa sumber air dan akar tanaman disitu mati kekeringan disebabkan pasokan mineral dan airnya terputus oleh perilaku mahluk yang berada dibawah bukit tersebut. Menurut kisahnya silo rano adalah permata dari ekor si ular raksasa yang bening berukuran besar dan dapat mengeluarkan cahaya diwaktu malam. Kemudian untuk membedakan silo rano dengan lampu milik para nelayan setempat, adalah intesitas cahaya yang dibiaskannya.

loading...

Katanya cahaya silo rano sangat terang dan bergerak cepat bila disaksikan dengan mata. Lalu oleh penduduk setempat yang kebetulan sedang berada dipantai atau sedang mencari ikan didanau ketika melihat cahaya yang bergerak cepat itu biasa dinamakan dengan Silo Rano.

Share This: