Suara Cicak

Ini adalah sebuah kisah nyata tentang suara cicak yang dialami oleh ibuku bertahun-tahun yang lalu. Saat itu ibuku masih duduk dibangku kelas 2 Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Ibuku berasal dari kota Bandung, beliau tinggal didaerah Cikudapateuh. Rumah ibuku saat itu berbentuk rumah panggung memanjang yang hanya diberi papan triplek sebagai penyekat kamar-kamar. Ibuku tinggal bersama orang tua dan keenam saudaranya, serta seorang bibinya (adik dari nenekku).

loading...

Pada suatu hari, seluruh keluarga sedang berkumpul dirumah uwak (bibi dari ibuku) karena bibi yang biasa tinggal dirumah ibuku sakit parah saat itu dan selama sakit, beliau hanya dirawat dirumah uwak. Setelah hampir menderita selama sepekan, akhirnya bibi menghembuskan nafas terakhirnya. Semua keluarga berduka termasuk juga ibuku yang memang cukup dekat dengan bibi.

Malam itu semua tetangga sudah berkumpul dirumah ibu untuk ikut mendoakan bibi yang sudah dimakamkan pada siang harinya. Setelah acara doa bersama selesai, semua keluarga akhirnya kembali kekamarnya masing-masing untuk tidur, begitu juga dengan ibuku yang malam itu tidur bersama sepupunya yang kebetulan saat itu menginap juga dirumah. Ibuku tidur seperti biasa, namun ibuku terbangun larut malam (mungkin jam 12 lebih) entah karena apa, malam itu terasa sangat sunyi sekali.

Hingga tiba-tiba terdengar sebuah suara cicak dari arah langit-langit kamar, awalnya suara cicak itu lirih namun lama-kelamaan suara cicak itu semakin keras dan sangat keras. Perlahan suara cicak itupun berubah menjadi suara tangisan seorang wanita. Suara itu mirip suara bibi yang baru saja meninggal dunia. Ibuku panik dan sangat ketakutan, beliau berusaha membangunkan sepupunya namun karena tidak kunjung bangun, akhirnya ibuku lari kekamar nenek.

Nenekku kaget melihat ibuku ada didepan kamarnya dengan wajah pucat, lalu menanyakan apa yang terjadi. Nenekku menenangkan ibu dan tidur dengannya malam itu. Pagi harinya, saat menanyakan pada sepupunya, dia bilang sama sekali tidak mendengar suara cicak maupun tangisan wanita. Sejak saat itu, ibuku kadang masih takut saat mendengar suara cicak bahkan sampai sekarang.

KCH

Kinan

Sekedar kembali mengingatkan. “Jangan pernah baca ini sendirian” :)

All post by:

Kinan has write 2,704 posts

Please vote Suara Cicak
Suara Cicak
3.5 (70%) 2 votes