Sudah Tahu atau Sudah Malam?

Cerita dengan judul sudah tahu apa sudah malam? ini sangat populer. Begini kisahnya, sekitar tahun 2007 di Universitas Brawijaya baru dipasang wifi, dan yang paling kuat sinyalnya itu ada di kawasan perpustakaan lama. Pada suatu malam, mungkin karena tugas yang sangat menumpuk dan untuk menghemat uang saku “biasa anak kost”, seorang mahasiswa mengunjungi kawasan perpustakaan lama untuk internetan gratis.

Waktu itu jam telah menunjukan pukul 9 malam, dan kawasan Universitas Brawijaya kebetulan telah sepi, hanya ada sekitar 5 anak yang sama-sama internetan disitu. Saking asiknya internetan, mahasisa ini tidak menyadari kalau jam telah menunjukan pukul 11 malam. Dan keadaan kampus benar-benar sepi, yang internetan disitu pun hanya tinggal dua orang saja. Karena yang lainya telah pergi dari perpustakaan itu.

Hawa dingin dari kota Malang saat malam mulai menusuk mahasiswa ini. Akhirnya dia memutuskan untuk mengambil rokoknya sebagai penghangat tubuh. Menyadari bahwa yang internetan disana hanya dua orang saja maka mahasiswa ini berniat mengakrabkan dirinya. Maka dia menyapa perempuan yang duduk tak jauh dari tempatnya.

Mahasiswa: hai mbak, sendirian disini lagi kerjain tugas ya?

(Perempuan itu hanya tersenyum).

Mahasiswa: *hehe, saya juga lagi kerjain tugas nih. Sudah selesai nih cuman sekalian browsing internetan. Mbak sendirian disini gak takut apa?
Perempuan: enggak kok mas, kan disini ada mas juga.

loading...

Mahasiswa itu mulai senang, karena merasa mendapat respon dari wanita tadi. Hawa dingin malam semakin menusuk dan membuat rokok si mahasiswa tadi padam, sehingga dia harus mengambil korek dari sakunya, karena hawa yang dingin atau karena tanganya licin korek yang hendak diambilnya jatuh. Sehingga mahasiswa itu harus mengambil korek yang berada dibawahnya.

Saat dia mengambil korek, dia menyadari keanehan dari perempuan tadi. Ternyata perempuan itu tidak mempunyai kaki, mahasiswa itu spontan terkejut dan langsung mengambil barang-barangnya untuk pergi. Sesaat sebelum keluar dari pintu perpustakaan, perempuan itu berkata sesuatu yang membuat bulu kuduknya berdiri. “Mau pulang? Kenapa? Sudah tahu atau sudah malam? “

Ira Sulistiowati

Ira Sulistiowati

Jalani hidup ini penuh dengan tawakal.

All post by:

Ira Sulistiowati has write 55 posts