Sumur Okiku

Ada sebuah kisah legendaris yang sangat populer di Jepang yaitu kisah sumur Okiku. Legenda sumur Okiku sendiri diyakini oleh masyarakat Jepang sebagi salah satu sumur yang paling angker. Sumur ini terletak di dalam Kastil Himeji yang saat ini telah dijadikan sebagai salah satu warisan budaya. Kastil Himeji merupakan salah satu kastil atau istana yang berdiri di jaman kerajaan China.

Sumur yang terletak di salah satu sudut istana tepatnya di bagian bawah menara Donjon ini dikenal sangat angker, bahkan kisah horornya pun sudah begitu melegenda. Konon sumur ini dihuni oleh satu sosok hantu yang dipercaya adalah hantu Okiku. Dulunya sumur ini digunakan sebagai tempat pengambilan air untuk membersihkan darah para samurai yang melakukan ritual harakiri (bunuh diri) di menara Donjon.

Menurut legenda, Okiku dulunya adalah seorang wanita cantik yang merupakan pelayan istana. Ia dikenal merupakan pelayan yang sangat loyal kepada rajanya, bahkan sejak kecil ia sudah memutuskan untuk mengabdi kepada rajanya. Dalam kisah legenda pelayan cantik ini disebutkan jatuh cinta kepada rajanya, namun sebagai penghormatan ia memilih untuk memendam perasaannya.

loading...

Suatu ketika sekelompok samurai merencanakan untuk melakukan kudeta kepada rajanya, namun rencana tersebut diketahui oleh Okiku yang membongkar rencana jahat para samurai yang mencoba untuk menghianati rajanya, alhasil rencana penggulingan pemerintahan pun gagal. Para samurai akhirnya mengetahui siapa yang menggagalkan rencana mereka dan berniat untuk balas dendam pada Okiku.

Rencana mereka pun berhasil, berkat campur tangan salah seorang kepercayaan raja. Dalam kisah legenda, sang Raja memerintahkan agar Okiku menjaga 10 buah piring kesayangannya, namun ternyata ini adalah bagian rencana balas dendam para samurai penghianat. Mereka pun mencuri satu buah piring kesayangan raja, dan memfitnah pelayan cantik ini sebagai orang yang telah mencuri piring kesayangan raja.

Semua pembelaan Okiku sama sekali tidak dipercayai oleh sang Raja, bahkan raja memerintahkan agar pelayan cantiknya tersebut yang dikenal loyal dan telah menyelamatkan nyawanya di hukum mati. Di sinilah awal mula angkernya sumur ini, pelayan cantik ini dikisahkan di hukum mati dengan disiksa sampai mati tepat di atas sumur ini, mayatnya pun dimasukkan ke sumur ini.

Setelah kejadian sumur ini pun diselimuti kisah mistis, bahkan konon sejak saat itu konon sumur Okiku ini langsung berubah menjadi angker yang bertahan sampai sekarang ini sejak dibunuh, sumur ini pun langsung menjadi salah satu sudut istana yang paling angker, konon setelah kematian Okiku hantu yang dipercaya adalah hantu Okiku sering mengganggu para penghuni istana.

Salah satu fenomena mistis yang sering terjadi adalah suara tangisan yang berasal dari dalam sumur. Konon suara tersebut sering terdengar saat malam hari yang diawali dengan suara wanita yang seolah sedang menghitung. Menurut legenda suara tersebut menghitung dari 1 sampai 9 dan pas hitungan ke sepuluh suara hitungan pun langsung berubah menjadi suara teriakan histeris yang diakhiri dengan suara tangisan.

Share This: