Teror Hantu Sadikem

Pernahkah kamu melewati sebuah jalan raya Magetan-Madiun, disebuah jembatan Jiwan, jembatan yang terletak diperbatasan Madiun-Magetan ini tidak kalah populernya dengan sesosok penampakan yang bernama hantu Sadikem ini. Ada yang bilang karena Sadikem mati dengan penasaran sehingga arwahnya gentayangan, ada juga yang bilang karena sesajen yang dilarungkan disungai Bakung kurang, ada pula yang bilang Sadikem diperk*sa lalu dibuang kesungai.

Tak heran Sadikem sering meneror orang-orang yang berlalu lalang disekitar jembatan itu. Di awal dan ujung jembatan dihiasi dengan sepasang tempat duduk yang tinggi. Para penduduk disekitarnya menyebut “buk ireng” (tempat duduk tinggi yang terbuat dari bata). Di buk ireng itulah sosok hantu Sadikem sering menampakkan diri dan selalu dengan wujud seorang wanita cantik.

Dia seringkali duduk sambil melambai-lambaikan tangannya pada pengemudi kendaraan yang lewat disitu. Bahkan sering juga mendatangi rumah penduduk sekitarnya dan menyapa pada orang-orang yang kebetulan lewat jembatan Jiwan tersebut. Ada sebuah cerita juga, awalnya Sadikem adalah seorang wanita cantik yang berasal dari desa Malang, Maospati.

Kemudian sang bunga desa menikah dengan pria idamannya. Belum genap seminggu pernikahannya, Sadikem pergi kesungai Bakung untuk mencuci pakaiannya. Dalam sebuah tradisi Jawa, pengantin baru dilarang keluar rumah sebelum genap sepasaran (7 hari) sehingga Sadikem melanggar tradisi sepasaran. Akhirnya sang pengantin baru hilang ditelan sungai Bakung. Masyarakat sekitar menyebut Sadikem kena “sawan kemanten anyar”.

Sesudah kejadian itulah sosok arwah Sadikem sering bergentayangan. Dia sering menghadang para lelaki yang lewat ditempat itu karena dikira sang suaminya. Kasus tabrakan bus sering terjadi pada waktu beberapa tahun silam didekat jembatan Jawan ini bisa jadi menjadi fenomena nyata teror hantu Sadikem. Tidak ada satupun yang selamat dalam tragedi mengerikan tersebut.

Banyak penduduk yang enggan dan takut berkomentar tentang fenomena hantu cantik ini. Bentuk teror hantu Sadikem itu sendiri bermacam-macam. Kadangkala menjelang malam seperti terdengar suara-suara yang aneh disekitar desa. Ada beberapa warga mengaku seperti didatangi hantu Sadikem.

loading...

Teror Sadikem tidak hanya didekat jembatan Jiwan dan sekitar sungai Bakung saja. Sosok hantu Sadikem juga sering berpindah-pindah tidak hanya dijembatan Jiwan. Kadangkala di buk pintu masuk, desa Blancang, Kincang, dan Suratmajan.

Ira Sulistiowati

Ira Sulistiowati

Jalani hidup ini penuh dengan tawakal.

All post by:

Ira Sulistiowati has write 59 posts

Please vote Teror Hantu Sadikem
Teror Hantu Sadikem
Rate this post