Wanita Berpakaian Putih Jalur Balete

White Lady of Balete Drive adalah sebuah urban legend dari Filipina yang menceritakan seorang wanita berpakaian serba putih yang selalu muncul di sekitar Jalur Balete. Nama Jalur Balete muncul karena sebuah pohon Balete besar pernah tumbuh di tengah jalanan tersebut. Walau pohon itu tak lagi berada di sana, jalanan ini masih ditumbuhi pohon Balete di sisi-sisinya. Beberapa rumah-rumah bergaya Spanyol juga terlihat di sepanjang jalan ini.

Beberapa dari rumah-rumah di sini konon dihantui oleh penghuni sebelumnya, arwah mereka katanya dapat dipanggil dengan ritual-ritual atau tenung. Penduduk-penduduk setempat juga percaya bahwa pohon Balete tidak untuk digunakan sebagai bahan ornamen atau perabotan karena mereka dapat mengundang makhluk halus. Jalur Balete juga merupakan tempat bagi White Lady, sosok hantu yang terkenal di sekitar tempat itu.

Jalanan ini membentang sepanjang Distrik New Manila di Quezon City, Filipina. Sejak tahun 1950 an cerita-cerita tentang seorang wanita yang muncul dan menghilang sepanjang jalan itu, juga dalam mobil orang-orang yang melintas, telah dilaporkan dan bahkan diumumkan di media massa. Konon orang-orang yang melintas di jalan itu umumnya para pria tidak dapat mengalihkan pandangan mereka terhadap sosok seorang wanita cantik yang muncul di jalan itu hingga dia menghilang.

Biasanya, pengemudi mobil itu akan melihat seorang wanita cantik berpakaian serba putih berdiri di sebuah sisi jalan untuk mencari tumpangan. Ketika mereka bersedia memberi wanita itu tumpangan, mereka akan melihat sosok berwajah pucat dengan dipenuhi darah dari kaca mobil mereka. Lalu dengan sekejap wanita itu akan menghilang.

Tidak seorangpun tahu nama wanita berpakaian putih ini, tapi ada dua cerita yang mengisahkan siapa dia sebenarnya. Sebuah cerita menceritakan bahwa wanita itu adalah seorang gadis yang tewas karena mobil yang ditumpanginya menabrak sebuah pohon Balete di jalan itu. Kemampuan mistis pohon ini kemudian menyebabkan arwah gadis itu harus tinggal di daerah tersebut. Cerita lainnya berhubungan dengan alasan mengapa pengemudi taksi sepertinya seringkali diganggu oleh sosok hantu ini.

loading...

Suatu waktu seorang gadis menghentikan sebuah taksi dan menuju ke rumahnya, namun pengemudi taksi itu kemudian menghentikan kendaraannya di suatu tempat dan menjamah gadis tersebut. Setelah melakukan perbuatannya, pengemudi taksi itu kemudian membunuh dan melempar gadis malang itu dari taksinya hingga terjerembab di sisi jalan tepat di bawah pohon Balete.

Sejak itu penampakan seorang wanita berpakaian serba putih acapkali muncul di daerah jalan itu. Dan menurut para saksi yang mengaku pernah melihatnya, konon hantu White Lady paling sering muncul sekitar pukul 12 malam hingga pukul 3 dinihari dan dia akan muncul di antara jalan Mabolo dan Bougainvilla. Beberapa pengemudi taksi dikatakan sering mengalami kecelakaan di sekitar sana. Beberapa terkejut karena melihatnya, sebagian lainnya tak diketahui penyebab kecelakaannya.

Kabarnya hantu wanita itu ingin membalaskan dendamnya atas pengemudi taksi yang mirip dengan orang yang merenggut nyawanya di jalanan malam itu. Area jalan itu akhirnya terkenal di antara para pemburu hantu dan orang-orang yang ingin melihat langsung tempat legenda White Lady itu terjadi. Penduduk setempat sering juga mengeluh ke petugas kepolisian karena mendengar jeritan orang-orang yang melihat penampakan hantu tersebut.

Orang-orang yang mengetahui legenda ini juga dianjurkan ketika melintas di jalan ini untuk tidak menerima serang wanita untuk menumpang atau melihat ke belakang dari kaca spion kendaraan mereka sepanjang Jalur Balete.

Share This: