Wedal Hari

Hai kakak semua, pernah dengar enggak tentang wedal hari sunda kuno? Kebetulan aku ini orang sunda asli dan aku tahu hal ini dari ayahku. Wedal hari itu adalah hari lahir seseorang, dari wedal hari bisa dilihat karakter, kecocokan, watak dan juga kepribadian seseorang. Yang menariknya itu ada juga mitos pantangan yang tidak boleh dilakukan sehingga aku tertarik dan menanyakan langsung kepada ayahku. Ibarat katanya itu di bilangin dari nenek ke cicit. Pada suatu hari yang cerah dan lagi libur panjang sekolah.

Aku: ayah, aku pakai sepeda motornya sebentar ya.
Ayah: mau kemana memang?
Aku: mau ke tempat pangkas rambut.
Ayah: mau cukur (potong rambut)?
Aku: iya.
Ayah: jangan hari ini besok saja.
Aku: why?

loading...

Jadi mitosnya itu kita tidak boleh potong rambut bertepatan dengan hari wedal kita, dan kalau itu kita lakukan maka dalam hari-hari sampai ke hari wedal kita lagi itu kita akan mengalami apes atau kesialan seperti kehilangan barang berharga dan kecelakaan. Info yang aku tahu sih begitu, selain itu juga ada lagi guys. Kalau yang ini sih dampaknya pada saudara terdekat (anggota keluarga yang lain dalam satu rumah).

Jadi ini hanya contoh saja om guys, misalnya dalam satu rumah tinggal lima orang (si bapak dan ibu ini punya tiga anak), bapak hari wedalnya senin, ibu selasa, anak pertama senin, anak kedua minggu, anak ketiga senin. Sudah terdeteksi tuh ada tiga orang dengan hari wedal yang sama. Si bapak, anak pertama dan ketiga. Mau tidak mau salah satu di antara ketiga orang tersebut harus minggat (harus tinggal di rumah yang lain) karena kalau tidak pasti ada salah satu di antara ketiga orang tersebut yang sakit-sakitan, bahkan bisa juga sampai merenggut nyawa (meninggal).

Lebih tepatnya kalau ada orang yang hari wedalnya sama dengan jumlah ganjil seperti (3, 5, 7, 9, 11, dan seterusnya) itu tidak diperbolehkan, kalau 1 saja enggak apa-apa. Tapi kalau hari wedalnya sama terus jumlahnya genap gimana? Seperti (2, 4, 6, 8, 10, 12, dan seterusnya) itu juga enggak apa-apa om. Sekedar info dan hanya mitos itu juga percaya atau enggak tergantung yang tergantung.

Maaf ya om yang baik yang ganteng, yang cantik kalau di buat panjang lebar soalnya harus melewati karakter minimum yang sudah di tetapkan sebenarnya dari kemarin-kemarin di kirim tapi gagal terus karena masih di bawah standar internasional karakter minimum. Sekali lagi maaf kalau ada salah kata, semoga bermanfaat dan terima kasih. Selamat beraktivitas om semoga lancar dan menyenangkan.

Keriting

Keriting

Selain menambah pengetahuan KCH juga bisa menjadi tempat curahan hati, hitung hitung daripada mengenang mantan mending ketik cerita mengenang kisah seram. maaf sebelumnya kalau ceritaku tidak menarik ) terimakasih kakak admin yang sudah mempublish dan memperbaiki kesalahan kata. Salam buat semua sahabat KCH, sukses terus ya, selamat membaca kisah lainnya serta ingat, “bacalah sendirian di tempat angker terdekat” wasalam wr wb

All post by:

Keriting has write 13 posts

Please vote Wedal Hari
Wedal Hari
2 (40%) 2 votes