Memang, kita biasa tertawa dan terhibur dengan kata-kata lucu khas pelawak di televisi atau di acara-acara komedi lainnya. Tapi, yang ini berbeda, kita bisa terhibur dengan beberapa “keanehan” hantu-hantu di belahan dunia lain. Memang, bagi kita yang sedikit sulit mempercayai hantu tersebut, tentu hantu-hantu ini lucu. Tapi bagi mereka yang tinggal di sana, hantu-hantu tersebut tentu saja menakutkan. Sama seperti kita yang ketakutan akan pocong, tapi mungkin di belahan dunia lain pocong ditertawakan karena ia hantu yang cuma bisa lompat karena di ikat.

Hantu-hantu ini, sama seperti di Indonesia, tentunya merupakan sebuah kepercayaan orang di tempat tersebut. Kisah-kisahnya diceritakan turun temurun sehingga menjadi sebuah folklore yang dipecayai. Berikut adalah hantu-hantu aneh yang ada di beberapa negara di dunia.

  • Leshy

Leshy adalah makluk mistis yang dipercayai banyak orang di kawasan Eropa tengah hingga timur, mulai dari Polandia hingga Rusia. Ia diyakini merupakan hantu pria dengan bentuk laki-laki yang bisa berubah bentuk. Ia tinggal di hutan sebagai pelindungnya. Walau berbentuk sebagai manusia, Leshy bisa dikenali karena ia memakai sepatu kanan di kaki kiri, dan memakai sepatu kiri di kaki kanan. Ia bisa membunuh manusia dengan menggelitiknya sampai mati.

  • Encantado

Hantu ini adalah iblis dari Brazil yang tinggal di air. Ia merupakan gabungan dari serigala, lumba-lumba, dan manusia. Lucunya, ia dipercayai sebagai laki-laki ganteng dengan kepala botak dan menggunakan topi. Menakutkannya, ia seringkali muncul di malam hari, dan menggoda perempuan. Korbannya akan diperkosa dan ditinggal di tepi sungai. Sungguh mengerikan. Di Indonesia, mungkin seperti Kolor Ijo, tapi versi ganteng.

  • Tofu Kozu

Sosok Tofu Kozu adalah seorang bayi raksasa yang menggunakan topi bambu besar. Ia membawa nampan dan membawa tahu berhiaskan daun maple khas Jepang. Aromanya sangat lezat sehingga sangat menarik mangsanya. Tapi ternyata tahu tersebut beracun dan bisa menyebabkan kematian bagi yang mencobanya.

  • Trauco

Sosok kurcaci ini tidak memiliki kaki dan memiliki wajah yang menakutkan. Ia tinggal di kawasan hutan Cili dan membawa kapak batu. Ia mencari korban perempuan dan menghamilinya secara misterius. Ia juga gemar memukulkan kapaknya ke pohon di hutan.

  • Shirime

Jika soal hantu, Jepang punya banyak juara. Salah satunya adalah Shirime yang sangat aneh. Hantu ini termasuk aneh karena matanya terletak di lubang pantat. Ia senang mengganggu orang yang datang ke wilayahnya dengan menunjukkan mata pantat miliknya. Orang biasanya akan takut dan lari ketakutan. Sementara ia kesenangan. Sungguh tidak ada kerjaan.

  • Sihuanaba

Di Amerika Tengah, terdapat sebuah sosok perempuan cantik yang telanjang jika dilihat dari belakang. Sayangnya, ia adalah sesosok hantu. Saat ada pria yang melihatnya, ia akan menjadi gila dan terus mengejarnya hingga jatuh ke jurang. Dikisahkan, ia mencari kekasihnya yang bukan seorang manusia pria. Jika ada laki-laki yang coba merayu, ia akan berubah menjadi kuda dan mencelakai laki-laki tersebut.

  • Clurichaun

Hantu ini adalah sesosok peri dari kawasan Inggris Raya. Mirip seperti Leprechaun, tapi Clurichaun adalah peri yang bersifat jahat. Ia selalu terlihat mabuk dan juga bermuka masam. Ia adalah teman bagi para pemabuk dan orang jahat. Tapi jika kalian berbuat baik padanya, kalian akan diberi perlindungan. Harta kalian di rumah akan dijaga olehnya. Tapi jika kalian berbuat jahat padanya, ia akan menurunkan malapetaka bagi rumah sehingga bencana akan datang.

loading...

Itulah beberapa cerita hantu yang jadi folklore di negara lain. Ada yang aneh, tidak masuk akal, tapi yaa.. cerita mereka terkenal di wilayah masing-masing.