Lagu Pemanggil Hantu

Home > Cerita Mitos > Lagu Pemanggil Hantu – 1268 reads

    Halo teman-teman sahabat KCH, perkenalkan namaku rendy, dan ini cerita pertamaku ya. Jadi harap di maklumi kalau ceritannya *ndak seram, ok langsung mulai saja ya ceritanya. Jadi kali ini aku akan membahas apa saja sih lagu-lagu pemanggil hantu, ok mulai saja.

    1. Lingsir Wengi

    Sebagian besar masyarakat Jawa mempercayai jika menyanyikan lagu Lingsir Wengi berarti memanggil makhluk halus untuk datang. Lagu Lingsir Wengi sering diidentikkan sebagai lagu untuk memanggil kuntilanak. Hingga kini tak ada yang mengetahui secara pasti siapa yang menciptakan lagu ini. Lingsir Wengi sendiri di nyanyikan secara turun menurun. Arti dalam lirik Lingsir Wengi inilah yang kemudian melahirkan banyak persepsi jika lagu ini adalah lagu untuk memanggil setan.

    Read Another Stories:

    Lirik lagu Lingsir Wengi:

    Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
    Ojo tangi nggonmu guling
    Awas jo ngetoro
    Aku lagi bang wingo wingo
    Jin setan kang tak utusi
    Dadyo sebarang
    Wojo lelayu sebet

    Jika di artikan dalam bahasa Indonesia, lirik tersebut memiliki arti sebagai berikut:

    Menjelang malam, dirimu (bayangmu) mulai sirna
    Jangan terbangun dari tidurmu
    Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
    Aku sedang gelisah,
    Jin setan ku perintahkan
    Jadilah apapun juga,
    Namun jangan membawa maut

    Bagian lirik inilah yang di anggap syarat akan makna tak lazim dan cenderung mengerikan. Lingsir Wengi di nyanyikan dengan menggunakan nada sinden khas tradisional Jawa terasa kian melengkapi nilai mistik pada lagu ini. Jadi kalau ingin mendengarkan lagu Lingsir Wengi di malam hari, sebaiknya lebih berhati-hati.

    2. Misteri Lagu Takdir

    Lagu “Takdir” atau yang lebih di kenal dengan ” Misteri Lagu Takdir ” konon jika lagu ini di nyanyikan bisa memanggil hantu yang bernama Lita. Penyanyi dan pencipta lagu Takdir ini masih misterius, konon siapa saja yang mendengar lagu ini tepat di tengah malam, secara tiba-tiba akan berubah pola tingkah tanpa sebab yang jelas, pikiran kosong, tidak bisa mengontrol emosi, ada yang berteriak histeris dan di rasuki makhluk halus.

    Lirik lagu Takdir:

    Kularutkan ke malam sunyi
    Ku sandarkan ke hari yang hitam
    Ku masih terpaku
    T’lah kupanggil angin malam
    Ku harapkan kan di hempas
    Namun semua sia sia kau telah pergi

    Reff:

    Ketika malam datang
    Ku tak bisa melihatmu
    Ketika pagi datang
    Ku tak bisa menyentuhmu
    Kau telah pergi
    Memang salahku tak pernah tahu
    Tentang isi hatimu
    Namun sekarang kau tutup mata tuk selamanya

    Di awal dan di akhir lagu ada suara berdenging yang konon saat dengingan terakhir banyak gangguan gaib yang muncul seperti suara jejak kaki, suara mengetuk pintu, benda jatuh dari atas, bau kembang melati dan lain-lain. Lagu ini baru heboh di Internet tahun 2012 yang bisa kalian cari info-infonya di google dengan kata pencarian “Misteri Lagu Takdir”.

    3. Malam Satu Suro

    Malam Satu Suro sendiri sebenarnya merupakan ritual yang di lakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat Jawa hingga sekarang. Lagu malam satu suro sebenarnya memiliki lirik yang tidak menyeramkan.

    Lirik:

    Malam ini
    Sunyi sepi
    Kau terlena
    Dalam mimpi
    Kau tersenyum
    Kedamaian

    Sekilas tak ada yang aneh ataupun makna menyeramkan pada lagu ini. Lagu ini justru terkesan seperti lagu-lagu bertemakan cinta pada umumnya. Hanya saja masyarakat banyak mempercayai jika lagu Malam Satu Suro ini mengandung hawa mistik ketika di nyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang di perankan oleh Suzzanna. Karakter dan citra mistis yang di miliki oleh Suzzanna ternyata juga melekat pada lagu ini. Jika penasaran ingin mendengarkan lagu Malam Satu Suro yang terdapat dalam film horor yang di perankan Suzana, maka sebaiknya dengarkan beramai-ramai dengan teman-teman kalian. Selanjutnya lagu pemanggil hantu bagian 2.