6 Wisata di Kota Jogja ini Menyimpan Cerita Mistis yang Tersembunyi - 720 Views

Siapa yang tidak mengenal kota Yogyakarta? Kota ini menjadi salah satu kota wisata di Indonesia yang terkenal akan berbagai macam wisata-wisata yang menarik. Mulai dari tempat wisata jogja yang hits, wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner dapat anda temukan di kota ini. Namun di balik hiruk pikuk kota Yogyakarta, ada beberapa wisata di kota ini yang menyimpan berbagai cerita-cerita mistis yang dapat membuat bulu kuduk berdiri. Apa sajakah itu? Berikut ini informasinya.

1. Benteng Vredeburg

Salah satu wisata sejarah yang menjadi tempat yang paling di kunjungi wisatawan saat berada di kota Jogja. Bangunan yang sudah cukup tua namun tetap menawan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat ini selalu ramai di kunjungi setiap hari. Namun siapa sangka, di balik kemegahannya tersebut, tempat ini menyimpan kisah yang sangat horor. Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, saat malam hari akan banyak terlihat penampakan-penampakan noni Belanda namun berkaki kuda. Dan tak hanya itu saja, menurut beberapa saksi mata, sering terlihat hantu perempuan di sekitaran kawasan benteng ini.

Bahkan seramnya, sering terdengar seperti pasukan tentara yang sedang melakukan latihan namun setelah di lihat ternyata sosok-sosok tanpa kepala. Tak hanya itu saja, ada kisah horor lainnya yang terjadi saat pasar Beringharjo sedang dilakukan perbaikan, tepatnya di tahun 1988. Pada saat itu terdengar jelas suara teriakan yang sangat menggemparkan daerah sekitarnya yang berasal dari dalam bangunan tersebut. Setelah di usut, banyak yang berpendapat jika suara tersebut berasal dari teriakan arwah yang semasa hidupnya menjadi tawanan di zaman Belanda.

2. Gereja Sayidan

Bangunan gereja ini berada di Kawasan Gondomanan yang sudah berdiri sejak zaman dahulu. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur ghotic dengan adanya salib salin yang diletakan di bagian menara serta patung Yesus di bagian tengah yang menunjuk langsung ke arah keraton. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, bangunan ini sebenarnya merupakan miliki warga dari keturunan Tionghoa. Saat melewati bagian depan gereja ini, anda sudah di sambut dengan suasana yang begitu kental dengan mistis. Bahkan saat memasuki bagian dalam gereja, sudah dipastikan jika semua bulu kuduk anda akan berdiri. Di bagian dalam gereja ini, ada banyak loorng-lorong panjang yang kondisinya becek, pengap, dan kotor. Di bagian altarnya yang sangat luas tersebut pun juga sangat tidak terawat. Bahkan ditemukan ruangan rahasia bawah tanah yang tersembunyi di dalam bangunan gereja. Gereja kosong ini juga di penuhi dengan berbagai tulisan-tulisan yang menggunakan bahasa Belanda.

3. Gunung Nglanggeran

Ketinggiannya yang hanya sekitar 700 MdPL membuat wisata gunung ini sering dijadikan untuk tempat pendakian bagi mereka yang merupakan pecinta alam. Gunung Api Purba yang ada di Jogja ini memang memiliki pemandangan alam yang begitu mempesona, tak heran jika banyak wisatawan yang datang dan mencoba mendaki gunung ini. namun di balik keindahannya, tersimpan cerita-cerita mistis yang hingga kini di yakini kebenarannya. Salah satunya berasal dari 2 pendaki yang sedang melakukan pendakian ke puncak gunung Nglanggeran. Karena ketinggian gunung hanya sekitar 700 MdPL, pendaki yakin jika dapat menempuhnya dalam 1 malam saja. Namun saat tengah-tengah pendakian, perjalanan menjadi terasa berat dan membuat mereka beristirahat terlebih dahulu. Namun saat sedang beristirahat, dari kejauhan kedua pendaki tersebut melihat sesosok wanita penjual jamu yang sedang melambaikan tangannya. Ketika ingin memastikannya, tiba-tiba sosok tersebut menghilang seketika.

4. Kawasan Puncak Becici

Kawasan puncak becici merupakan salah satu wisata yang cukup hits di kota Yogyakarta. Hal ini karena disini terdapat spot istimewa yang membuat anda dapat melihat pemandangan yang sangat mempesona dari atas ketinggian. Namun siapa sangka, jika di tempat wisata ini menyimpan cerita mistis tersendiri yang dapat membuat anda ketakutan mendengarkannya. Di puncak becici, anda bisa menemukan sebuah ayunan yang letaknya tergantung di sebatang pohon. Konon, jika seseorang memainkannya tanpa permisi terlebih dahulu maka orang tersebut dapat merasakan seperti ada yang sedang mendorongnya hebat dari belakang. Hal ini lantaran arwah anak kecil yang menunggu ayunan tersebut merasa terganggu dengan kehadiran orang-orang tersebut.

5. Keraton Yogyakarta

Salah satu bangunan tertua yang ada di Kota Yogyakarta menyimpan banyak sekali cerita-cerita bersejarah yang ada sejak dari zaman kerajaan. Bangunan ini juga digunakan sebagai tempat tinggal para raja-raja yang memimpin Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Tak hanya bersejarah, namun ada banyak kisah-kisah mistis yang tersimpan di dalamnya. Mitos yang beredar, bangunan tua ini di jaga banyak makhluk-makhluk gaib. Sehingga bagi pengunjung yang sedang mengunjungi keraton Yogyakarta diharapkan untuk menjaga sikap. Jika anda sama sekali tidak memiliki niat jahat saat sedang berkunjung ke tempat ini maka anda tidak akan sama sekali mendapatkan gangguan dari para penunggu Keraton Yogyakarta.

6. Kandang Menjangan

Bangunan ini memang cukup terkenal di Yogyakarta karena usianya yang mencapai lebih dari 2 abad. Bangunan yang di kenal sebagai Panggung Krapyak ini berbentuk persegi yang bertembok betin. Dulunya bangunan ini berada di tengah hutan dan digunakan untuk melindungi kerabat-kerabat keraton dari hewan-hewan buas saat melakukan pemburuan. Konon kini tempat ini terkenal sebagai salah satu tempat yang cukup angker di kota Yogyakarta, bahkan pengunjung di larang untuk memasuki bangunan jika tidak ada ijin dari juru kunci. Akan banyak hal-hal ganjil yang cukup menyeramkam yang dapat membuat anda merasakan ketakutan setengah mati.

Bagaimana? Penasaran untuk mengetahui kebenarannya? Bagi anda yang menyukai hal-hal berbau mistis, mungkin wisata-wisata di atas bisa anda datangi untuk menguji adrenalin anda.

loading...